Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hari Lingkungan Hidup 2016, FJKB dan Garda Lingkungan Jatim hijaukan Kali Surabaya
Peringati Hari Lingkungan Hidup 2016, Tim Garda Lingkungan Jatim saat melakukan penanaman pohon di bantaran Kali Surabaya, Minggu (05/06/2016). Foto: Sarifa-lensaindonesia.com
AKTIVIS

Hari Lingkungan Hidup 2016, FJKB dan Garda Lingkungan Jatim hijaukan Kali Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2016, Forum Jurnalis Kali Brantas (FJKB) dan Garda Lingkungan Jatim melakukan penghijauan di bantaran Kali Surabaya.

Penanaman ratusan pohon tersebut dilakukan di tujuh titik di wilayah Mojokerto, Gresik dan Sidoarjo.

Koordinator FJKB, Afrizal Akbar mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dengan melibatkan warga bantaran Kali Surabaya. “Artinya kami tidak hanya sekedar menanam tapi juga mengajak warga untuk menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam,” katanya, Minggu (05/06/2016).

Ia menjelaskan pohon yang ditanam sebanyak 400 bibit tanaman produktif atau berbuah yang disumbang Perum Jasa Tirta (PJT) I. Jenisnya yakni nangka, sirsak, mundu dan matoa. “Karena ini pohon produktif, maka warga bantaran sangat antusias menanam dan bersedia merawatnya,” ungkapnya.

Menurutnya, keterlibatan warga dalam penghijauan Kali Surabaya ini sangat penting. Terlebih memasuki bulan Juni intensitas curah hujan dipredikasikan mulai menurun, sehingga saat kemarau pun pohon masih bisa terawat.

Sementara untuk titik penanaman tersebar di banyak tempat. Di wilayah Mojokerto yakni di Dusun Wonoayu dan Kedungklinter Kec Jetis. Di wilayah Gresik titik penanaman di Dusun Sumengko Kec Wringinanom dan Desa Krikilan serta Semambung di Kec Driyorejo. Untuk wilayah Sidoarjo di Desa Singkalan Kec Balongbendo dan Desa Tanjungsari Kec Taman.

Ditambahkan Koordinator Garda Lingkungan Jatim Didik Harimuko titik penanaman ini telah ditentukan oleh Tim Garda Lingkungan. Lokasinya di bantaran yang masih banyak terdapat lahan kosong, sehingga sangat tepat untuk ditanami bibit pohon produktif.

“Dengan adanya penghijauan ini, maka bisa mengurangi potensi longsor di bantaran Kali Surabaya. Selain itu penanaman yang melibatkan warga bantaran kali juga bisa membantu pengawasan wilayah bantaran agar peruntukanya sebagai wilayah resapan air sungai tidak disalahgunakan dengan mendirikan bangunan baru,” tutupnya.@sarifa

Baca Juga:  Politisi NasDem protes ada 'kampanye' dukung cawali pilihan Risma di acara Car Free Day