Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Konsep unik penyembuhan anak Autis di Malang Autism Centre
Penerapan metode Loovast yang diterapkan di Malang Autism Centre telah menampakkan perkembangan cukup pesat pada anak autis. Foto-Eld
HEADLINE HEALTH

Konsep unik penyembuhan anak Autis di Malang Autism Centre 

LENSAINDONESIA.COM: Autis, hingga kini selalu hadir di sela pembicaraan para para orang tua yang memiliki putra yang terjangkit jenis kelainan ini. Kenapa demikian? Jenis kelainan ini memang membutuhkan perawatan yang intensif. Hal ini mendorong Muhammad Cahyadi, yang dikenal sebagai salah satu petinggi PT Smartfren Telecom Tbk perusahaan operator selular di wilayah East Java Bali Nusra Region untuk membangun sebuah sekolah khusus penanganan autis yang diberi nama Malang Autism Centre.

Menimba pengalaman pribadi yang kebetulan dari putra tercintanya Aldi (17) mengalami autis ini akhirnya dalam dirinya terbesit untuk membentuk lembaga pendidikan khusus autis ini di Malang mulai tahun 2012 lalu. Dan akhirnya di tahun ini, Cahyadi berhasil membangun sekolah Malang Autism Centre ini yang berada di kawasan Sengkaling, Malang Jawa Timur.

“Realisasi lembaga pendidikan khusus ini tercetus dari pengalaman prbadi saya pada Aldi putra yang mengalami autis. Dan memang dari deretan pengalaman pengobatan berikut terapi yang sudah telewati. Tiba-tiba saya mempunyai ide dan konsep baru, bahwa anak yang mengidap autis ini tak boleh beberapa jam pasif tanpa aktifitas. Ketika pengobatan di Malang ini, konsep terapinya cukup memberikan perkembangan yang cukup pesat. Dan untuk itu, mulai tahun 2012 dimana saya berpisah dengan anak saya untuk menjalani terapi di Malang ini cukp berhasil, dan saya simpulkan anak autis harus diberi wadah khusus pengajaran yang harus aktif minimal 8 jam dalam sehari agar anak tersebut lebih konsen dengan terapi yang diterimanya,” ujar Cahyadi kepada Lensaindonesia.com, Sabtu (04/06/2016).

Untuk sementara ini, pihaknya membangun Malang Autism Centre ini dengan kapasitas 5 kamar untuk terapi, dan 5 kamar untuk tempat istirahat. Sekolah tersebut dilayani oleh 6 tenaga terapist yang diambil dari lulusan psikologi. Adapun materi yang disuguhkan pada sekolah ini mengusung metode Lovast yang cukup praktis. Yakni penekanan pada terapi perilaku sosial, porsi olah raga secukupya, berikut penerapan makanan yang serba organik.

Baca Juga:  Menko Polhukam Wiranto diserang, Kapolsek dan pengawal ikut tertusuk

” Untuk porsi terapi di Malang Autism Centre ini kita berlakukan 40 jam dalam seminggu (8 jam dalam 5 hari), dan kami targetkan dalam 6 bulan perilaku sosial harus menampakkan perkembangan signifikan. Diantaranya fokus pada bina diri, seperti bisa mandi sendiri, mengenakan baju dengan baik, maan sendiri, hingga cuci piring sendiri yang intinya paham dengan kalimat perintah dengan cepat. Untuk target perilaku umum, yakni menekan dari hyperaktif dan kemudian target di sisi akademis selama 6 bulan yakni mampu mengidentifikasi diri. Dan materi ini lah yang membuat anak saya sendiri menampakkan perkembangan pesat selama 2 tahun dengan metode tersebut,” papar Cahyadi.

Cahyadi menambahkan, adapun modul inti yang diterapkan oleh Malang Autism Center ini meliputi eksekusi, monitoring, dan corective action. Eksekusi dalm artian terapi yang berkesinambungan, monitoring yang dimaksud selalu dilakukan pemantauan rutin, dan corective action merupakan penerapan apa yang harus dibenahi dan ditambahkan materi terapi di setiap bulannya untuk hasil yang maksimal.

“Pada intinya, anak autis harus ada aktifitas dalam 8 jam dan harus dipisahkan dengan keluarga untuk sementara waktu, sebab agar tak kembali pada dunia autisnya lagi. Berikut makanan, hal ini merupakan pemicu utama jika salah memberikan porsinya, untuk itu anak autis harus mengkonsumsi makanan yang oraganik. Dan untuk misi sekolah khusus ini kami jug atak berorientasi pada bisnis.” pungkas Cahyadi, Owner Malang Autism Centre ini.

Malang Autis Centre menawarkan pola terapi Boarding (menginap), Clinic base (nitip beberapa waktu), dan Home Base (private terapi dari rumah).@Eld-Licom