Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pembalap Moto2 Luis Salom tewas, Rossi kritik Komite Keamanan
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Foto: Istimewa
HEADLINE SPORT

Pembalap Moto2 Luis Salom tewas, Rossi kritik Komite Keamanan 

LENSAINDONESIA.COM: Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengktitik Komite Keamanan Federasi Motor Internasional (FIM) yang hanya memberikan pagar udara di tikungan 12 Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Menurutnya, hal itu sangat berbahaya jika ada seorang pembalap terjatuh.

Apa yang terjadi di tikungan itu yang mengakibatkan pembalap Moto2, Luis Salom, meninggal dunia karena menabrak pagar udara usai terjatuh di tikungan 12 Sirkuit Catalunya saat mentas di sesi free practice dua pada Jumat 3 Juni 2016.

The Doctor –julukan Rossi– menilai, seharusnya pihak yang berwenang memodifikasi sirkuit, bukannya hanya menyediakan pagar udara.

Tikungan tersebut memiliki karakter yang sangat cepat. Bahkan, tak ada gravel atau kerikil yang dapat menahan laju pembalap jika terjatuh di tikungan tersebut.

Menyikapi insiden tersebut, Ketua Komite Keamanan FIM, Franco Uncini, mengumpulkan 10 rider MotoGP termasuk Marc Marquez dan Andrea Iannone. Setelah pertemuan tersebut, diputuskan bahwa tikungan 11 dan 13 di Sirkuit Catalunya dihapus. Alasannya, dengan dihapusnya dua tikungan tersebut, pembalap dapat melalui tikungan 12 dengan laju yang lebih lambat.

Seharusnya FIM mengikuti saran Rossi dengan memodifikasi sirkuit usai kejadian yang melibatkan rider Moto3, Nicolo Antonelli, di tikungan 12 Sirkuit Catalunya pada 2014. Namun alih-alih memodifikasi sirkuit, Komite Keamanan hanya memberikan pagar udara untuk membatasi antara sirkuit dengan tribun penonton.

“Saya ingat betul, kami membicarakan soal kecelakaan yang dialami Antonelli di tikungan 12. Kami sering katakan sangat membutuhkan area yang lebih luas. Namun, terkadang tidak memungkinkan hal itu terjadi (memodifikasi sirkuit). Mereka hanya menaruh ekstra pagar udara, namun kami tetap tidak memiliki area yang cukup luas di tikungan 12,” jelas Rossi mengutip dari Crash, Minggu (05/06/2016).@LI-13

Baca Juga:  Kerja bakti di GBT, Eri Cahyadi jelaskan rencana renovasi Stadion