LENSAINDONESIA.COM: Sebuah momen sangat memalukan terjadi di pertandingan pertama Grup C antara Timnas Meksiko vs Timnas Uruguay dalam Copa America Centenario, Senin (6/6/2016) pagi WIB.

Panitia Pelaksana Copa America Centenario melakukan kesalahan yang fatal saat memutar lagu kebangsaan Timnas Uruguay pada awal pertandingan.

Seperti pertandingan internasional pada umumnya, sebelum laga Panitia Pelaksana Copa America Centenario memutarkan lagu kebangsaan kedua negara yang bertanding. Pada laga yang digelar di University of Phoenix Stadium, tidak ada masalah saat memutar lagu kebangsaan Timnas Meksiko.

Namun kesalahan fatal itu terjadi saat mereka memutar lagu kebangsaan Timnas Uruguay. Seharusnya Panitia Pelaksana Copa America Centenario memutar lagu Himno Nacional yang merupakan lagu kebangsaan Uruguay. Namun yang diputar justru lagu Nasional Chile yang berjudul Himno Nacional de Chile. Alhasil para pemain Timnas Uruguay terlihat kebingungan saat lagu tersebut diputar seperti video di atas.

Usai pertandingan, Panitia Pelaksana Copa America Centenario langsung mengeluarkan pernyataan resmi. “Pada upacara sebelum pertandingan, kami memutarkan lagu kebangsaan yang salah karena human error. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Federasi Sepakbola Uruguay, Timnas Uruguay, masyarakat Uruguay dan para fans atas kesalahan ini. Kami berjanji akan menindak tegas pihak terkait sehingga kesalahan tidak terulang lagi,” bunyinya.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan Timnas Meksiko dengan skor 3-1. @andiono