LENSAINDONESIA.COM: Anggota tentara cadangan yang juga analis IT, Deshauna Barber dari Columbia memenangkan titel Miss USA 2016. Dia berhasil mempesona juri atas jawabannya terkait peran perempuan dalam militer.

Dalam kontes kecantikan yang digelar Minggu (5/6/2016) waktu setempat di Las Vegas, perempuan 26 tahun itu mengatakan mencintai pekerjaannya dan bersyukur Pemerintah AS membuka peluang wanita untuk ikut militer.

“Perempuan sama tangguhnya seperti lelaki. Sebagai komandan di unit, Saya kuat dan berdedikasi. Dan penting jika jender tak membatasi kita untuk mengabdi pada Amerika Serikat,” katanya menjawab pertanyaan juri.

Putri seorang veteran berpangkat sersan ini berposisi di 988th Quartermaster Detachment Unit di Fort Meade, Maryland. Dia berharap kemenangannya bisa membawa isu kesehatan para veteran yang kembali dari peperangan seperti masaah PTSD (Post-traumatic stress disorder).

Barber akan mewakili AS di Miss Universe. Adapun runne-up Miss USA adalah Chelsea Hardin, Miss Hawaii. Dan runner-up kedua disabet Emanii Davis, Miss Georgia.@cnn/licom