Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini 19 nama calon Hakim Agung dan Hakim Tipikor yang lolos seleksi tahap III
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim, Komisi Yudisial, Maradaman Harahap (kiri). Foto: istimewa/viva
HEADLINE DEMOKRASI

Ini 19 nama calon Hakim Agung dan Hakim Tipikor yang lolos seleksi tahap III 

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Yudisial (KY) mengumumkan hasil seleksi tahap III Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung.

Berdasarkan rapat pleno Komisi Yudisial, saat ini terdapat 19 nama yang lolos seleksi.

“Berdasarkan keputusan Rapat Pleno, adapun rincian 15 orang CHA tersebut, yaitu 3 orang CHA di kamar Pidana, 5 orang CHA di kamar Perdata, 3 orang CHA di kamar Agama, 2 orang CHA di kamar Tata Usaha Negara, dan 2 orang CHA di kamar Militer,” ujar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial, Maradaman Harahap dalam keterangan pers di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Jumat (10/06/2016).

Pasalnya, di dalam seleksi tahap III ini diikuti oleh 39 orang CHA dan 10 orang calon hakim ad hoc Tipikor. Peserta menjalani sejumlah seleksi, diantaranya pemeriksaan kesehatan, assessment kepribadian, kompetensi dan penelusuran rekam jejak.

Dijelaskanya, bahwa Assessment atau penilaian kepribadian dan kompetensi untuk CHA dan profile assessment calon hakim ad hoc Tipikor diselenggarakan pada 18-19 April 2016 lalu. Sementara, pada pemeriksaan kesehatan telah dilaksanakan pada 20-21 April 2016 di RSPAD Gatot Subroto.

Selanjutnya, pada seleksi rekam jejak, KY melaksanakannya melalui penerimaan informasi atau pendapat masyarakat, menganalisis Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan investigasi.

“Setelah itu kami juga melakukan klarifikasi untuk mendapatkan kebenaran data dan informasi mengenai rekam jejak CHA dan calon hakim ad hoc Tipikor,” jelasnya.

Untuk CHA dan calon hakim ad hoc Tipikor di MA yang dinyatakan lulus, lamjut dia, akan menialani seleksi tahap IV yaitu wawancara terbuka pada Senin-Jumat, 20-24 Juni 2016 di Auditorium gedung KY.

Baca Juga:  Polsek Simokerto lumpuhkan penjual jamu dengan timah panas

Maradaman juga menambahkan, bahwa seleksi yang dilakukan KY ini untuk mencari 8 orang hakim agung, terdiri dari 1 orang di kamar Pidana, 4 orang di kamar Perdata, 1 orang di kamar Agama, 1 orang di kamar Militer dan 1 orang di kamar Tata Usaha Negara serta 3 orang hakim ad hoc Tipikor di MA.@yuanto