LENSAINDONESIA.COM: Terdakwa kopi sianida, Jessica Kumala Wongso akan memulai sidang perdananya pada Rabu (15/6/2016) mendatang. Ia akan duduk di kursi pesakitan untuk mendengarkan surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Berkasnya sudah kami terima. Sidang perdana hari Rabu tanggal 15 Juni 2016,” ujar Humas PN Jakpus, Jamaludin Samosir pada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (10/6/2016).

Nantinya sidang perkara kopi racun akan dipimpin majelis hakim, Kisyoro, Martahi Hutapea dan Binsar Gultom.

Jessica Kumala Wongso adalah tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Mirna tewas usai meneguk es Kopi Vietnam di Olivier Cafe, Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 6 Januari 2016. Diduga, kopi yang diteguk Mirna mengandung racun sianida. Lalu, 29 Januari 2016, Polda Metro Jaya menetapkan Jessica sebagai tersangka dan ditahan di rutan Mapolda Metro Jaya sehari setelahnya.

Jessica diancam hukuman minimal 15 tahun penjara dan maksimal hukuman mati sesuai dengan pasal 340 KUHP dan 338 KUPH.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad mengatakan vonis mati tergantung pada fakta-fakta yang ada di persidangan. “Jika memang ada fakta perbuatan yang dapat dihukum mati, tentu hukuman mati,” katanya

Jessica ditahan di rumah tahanan Mapolda Metro Jaya sejak Sabtu 30 Januari 2016 lalu. @pskt/licom