LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memilih satu nama calon Kepolri dari beberapa nama yang masuk dalam proses penjaringan. Nama-nama calon pengganti Jenderal Pol Badrodin Haiti tersebut akan segera mengirimkan ke DPR menjelang masa reses pada akhir Juni nanti.

Masa reses DPR dan libur Lebaran Idul Fitri 2016 akan dimulai pada minggu keempat Juni 2016. Tepatnya pada 28 Juni nanti.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukan) Luhut Pandjaitan mengakui, Presiden Jokowi diperkirakan akan menyetorkan nama calok kapolri sebelum reses DPR.

“Bisa terjadi ya (serahkan nama calon kapolri sebelum reses DPR),” ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/06/2016).

Meski begitu, Luhut enggan membeberkan nama calon Kapolri yang dipilih Presiden. Tapi ada dua nama yang kerap disebut akan menggantikan Badrodin. Yaitu Komjen Pol Budi Gunawan (BG) dan Komjen Pol Budi Waseso (Buwas). “Kita lihat saja nanti,” kata Luhut.

Sementara Ketua Komisi III Bambang Soesatyo meyakini, pergantian orang nomor satu di Korps Bhayangkara akan sulit dilakukan dalam waktu dekat.

“Alasan waktu menyebabkan pergantian Kapolri menjadi sangat sulit dilakukan. Kendati Presiden Joko Widodo berencana menyerahkan usulan nama-nama calon Kapolri sebelum masa reses DPR,” kata Bambang melalui siaran persnya.

Bambang mengatakan, meski Kompolnas telah menyerahkan beberapa nama calon Kapolri ke Presiden, tapi pengusulan ke DPR belum diketahui. Sedangkan DPR akan memasuki masa reses pada 28 Juni 2016. Sementara masa bakti Badrodin yang memasuki usia 58 tahun sebagai Kapolri akan berakhir pada 28 Juli 2016.

“Rangkaian proses dan tahapan yang harus dilalui tidak memungkinkan untuk menetapkan Kapolri baru pada Juli 2016,” ujar Bambang.@LI-13