LENSAINDONESIA.COM: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pacitan mengakibatkan empat rumah tertimpa longsor

Keempat rumah tersebut yang terkena longsor berada di dua wilayah yakni di Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Arjosari.

“Proses evakuasi sudah dilakukan dari Sabtu (10/6/2016) pekan lalu,” kata Syamsul Hadi, salah satu relawan Kabupaten Pacitan, Senin (13/6/2016).

Diungkapkan Syamsul, empat rumah yang terkena longsor yaitu rumah milik Seri (45) berada di Dusun Semen Rt 01/03 Desa Gondang Kecamatan Nawangan. Rumah Seri jebol dinding belakangnya selebar 4 meter. Selain itu kandang ternak roboh tertimpa material longsoran dari atas rumah setinggi 5 meter dan lebar 6 meter. Tafsiran kerugian sekitar Rp 5 juta.

Sementara korban kedua yaitu rumah Seni (50) yang terletak di Desa Temon Kecamatan Arjosari. Tembok samping kanan rumah Seni terkena longsor tertimpa material longsor dari tebing yang berada di atas rumah setonggo 7 meter dan lebar 10 meter. Seni menderita kerugian sekitar Rp 6 juta.

Korban ketiga yaitu rumah Bejo (45) yang terletak di Temoon Kecamatan Arjosari. Kali ini menimapa dapur yang terbuat dari papan sehingga mengakibatkan jebol. Hal ini akibat tertimpa meterial longsoran dari tebing di atas rumah dengan tinggi longsoran 5 Meter dan Lebar 8 M kerugian ditafsir sekitar Rp 4 juta.

Sementara rumah Giem (70) yang juga terletak di Desa Temon juga tertimpa material longsor dari tebing setinggi 5 meter dan lebar 8 meter. Kerugian ditafsir Rp 4 juta.

“Alhamdullilah tidak ada korban jiwa. Namun warga harus kehilangan rumahnya dan menderita kerugian material yang cukup tinggi,” terangnya.

Syamsul menambahkan saat ini mereka yang terkena longsor langsung meninggalkan rumah. “Rata-rata mengungsi ke keluarganya,” jelasnya.@LI-13/bj