LENSAINDONESIA.COM: Susul momen Lebaran, arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak mulai meningkat. Hal ini terbukti dengan jumlah penumpang di Mei 2016 mencapai 31.488 orang. Sedangkan, pada bulan sebelumnya, bulan April 2016 hanya mencapai 22.969 orang.

’’Kenaikannya mencapai 37 persen dari bulan sebelumnya,’’ ujar Oscar Yogi Yustiano, Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak kepada Lensaindonesia.com, Senin (13/06/2016).

Yogi menambahkan, arus penumpang yang turun atau debarkasi di pelabuhan Tanjung Perak di bulan Mei 2016 mencapai 19.115 orang. Sedangkan, penumpang yang naik atau embarkasi di bulan Mei 2016 mencapai 12.373 orang.

’’Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sebagaimana trend arus mudik dan balik tahun sebelumnya. Arus mudik dan balik tahun sebelumnya bisa lebih dari 140 ribu penumpang ,’’ tandas Yogi.

Sebab itu, Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak mmempersiapkan menyambut arus mudik dan balik di Pelabuhan Tanjung Perak. Diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kepolisian KP3, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Operator Pelayaran serta instansi lainnya, lalu menambah tenda serta mendirikan poskotis (pos komando taktis) untuk pelayanan para penumpang, yang beroperasi mulai H-18 dan H+17.

’’Kami mulai lebih awal. Sebelumnya H-15,’’ tegas Yogi.

Untuk arus kapal penumpang bulan Mei 2016 mencapai 183 kapal penumpang berasal dari 6 operator, yakni PT PELNI (Persero) memilik 6 kapal, PT Dharma Lautan Utama memiliki 10 kapal, PT Jembatan Nusantara memiliki 2 kapal, PT Antosim memiliki 3 kapal, PT Gerbang Samudera Sarana memiliki 1 kapal, PT Gelora Kaltim memiliki 1 Kapal, PT Berlian Lautan Sejahtera memiliki 1 Kapal.

“Kapal-kapal tersebut memiliki rute ke wilayah Kalimantan dan Sumatera serta Papua,’’ papar Yogi.

Disamping itu, Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak menyiapkan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara atau GSN, Terminal Penumpang Sementara dan Terminal Ro-Ro untuk arus mudik maupun balik yang mampu menampung sekitar 6.000 penumpang.

’’Terminal GSN merupakan salah satu terminal terbaik di Indonesia karena merupakan terminal penumpang modern berkonsep ramah lingkungan pertama di Indonesia,’’ ujar Yogi. Terminal ini memiliki fasilitas seperti bandara, karena memiliki ruang tunggu eksekutif ber-ac, check in counter dan fasilitas pengamanan yang dilengkapi dengan x-ray.

’’Harapan kami, para penumpang dapat merasa nyaman dan aman di Pelabuhan Tanjung Perak,’’ pungkas Yogi.@Rel-Licom