LENSAINDONESIA.COM: Timnas Amerika Serikat melaju ke babak semifinal Copa America Centenario 2016 setelah menaklukkan Timnas Ekuador dengan skor tipis 2-1 di Centurylink Field, Seattle, Jumat (17/6/2016) pagi WIB.

Sama-sama berambisi untuk melenggang ke babak semi final, Timnas Amerika Serikat yang bertindak sebagai tuan rumah meladeni permainan terbuka Timnas Ekuador.

Setelah saling serang, Timnas Amerika yang didukung puluhan ribu suporternya berhasil memcah kebuntuan pada menit-22. Berawal dari umpan lambung Jermaine Jones, Clint Dempsey yang berada tepat di depan gawang sukses menyundul bola yang tak bisa dijangkau kiper Timnas Ekuador Alexander Dominguez. Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

memasuki babak kedua, situasi permtandingan memanas setelah wasit Wilmar Roldan mengusir Antonio Valencia dan Jermaine Jones denga kartu merah akibat terlibat keributan di lapangan. Peristiwa bermula ketika Valencia menjegal Alejandro Bedoya dan Jones melakukan provokasi pasca insiden itu.

Sama-sama bermain dengan 10 orang, kedua tim malah menyuguhkan permainan saling serang yang menarik. Pada menit-65, Timnas Amerika Serikat menggandakan skor menjadi 2-0 setelah umpan tarik Clint Dempsey sukses diselesaikan dengan sempurna Gyasi Zardes.

Namun pada menit-75, Timnas Ekuador mampu mencetak gol yang menipiskan jarak menjadi 2-1 lewat sepakan keras Michael Arroyo. Hingga usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Kemenangan ini membuat Timnas Amerika Serikat melenggang ke babak perempat final Copa America Centenario. Mereka masih menunggu pemenang antara Argentina menghadapi Venezuela yang baru duel pada akhir pekan nanti. @andiono

Line up:
Amerika Serikat (4-3-3): Guzan; Besler, Brooks, Cameron, Johnson’ Bradley, Bedoya (Zusi 81′), Jones; Wood, Dempsey (Beckerman 75′), Zardes

Ekuador (4-2-3-1): Dominguez; Mina, Erazo, Paredes (Ayovi 82′), Ayovi; Noboa (Gaibor 62′), Montero; Arroyo, Gruezo (Ramirez 70′), A.Valencia; E.Valencia.