LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III kembali gelar mudik bersama untuk penumpang kapal laut yang bertajuk “Yuk Pulang Kampung! – Mudik Gratis Bareng Pelindo III” yang akan mengantar sekitar 5 ribu penumpang mudik ke daerah asalnya.

“Setidaknya lebih dari 5.600 orang pemudik kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak dan Balikpapan dan dari Pulau Sulawesi yang berangkat dari Pelabuhan Makassar akan “diantar” langsung oleh Pelindo III dari Pelabuhan tujuan mudik yaitu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang menuju kebeberapa kota tujuan akhir mudik di Pulau Jawa,” ujar Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III kepada Lensaindonesia.com, Minggu (26/06/2016).

Edi menambahkan, Pelindo III bakal menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Bus gratis tersebut ada selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2016.

Untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, lanjut Edi, setiap hari  tersedia 10 unit bus yang melayani 4 rute ke sejumlah kota di Provinsi Jawa Timur. Rute tersebut, Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Lalu untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang ada 6 unit bus yang melayani empat rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah. Rutenya meliputi Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang. Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi  asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III.

“Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di Pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri,” tandas Edi.

Program yang diprakarsai oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanannya juga berkat kerja bareng BUMN lain seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus.

Beberapa nama kapal penumpang Pelni yang para penumpangnya turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan akan langsung diantar kebeberapa kota di Jawa Timur, di antaranya meliputi Kapal Tidar dan Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dan Nggapulu dari Pelabuhan Balikpapan dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Pontianak.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pemudik yang berkesempatan diantar kekampung halaman pada beberapa kota di Jawa Tengah diantaranya berasal dari para penumpang Kapal Binaiya dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon dan Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Egon dari Pelabuhan Banjarmasin dan Kapal Lawit dari Pelabuhan Pontianak.

Kaasitas penumpang bus dan bagasi terbatas 10 bus yang disediakan di Pelabuhan Tanjung Perak mampu mengangkut sedikitnya 480 orang setiap kapalnya. Untuk pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disediakan sebanyak 6 bus bagi 288 pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut.

“Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan, dan bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis bagi penumpang kapal laut yang diselenggarakan oleh Pelindo III, bisa langsung mengakses ke website : www.pelindo.co.id,” pungkas Edi.@Rel-Licom