Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mahasiswa mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi harus siapkan ini
Mahasiswa rantau mudik lebaran. Foto: Ilsutrasi/Istimewa
Art & Culture

Mahasiswa mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi harus siapkan ini 

LENSAINDONESIA.COM: Mudik merupakan ritual tahunan yang biasa dilakukan setiap warga muslim dalam memperingati hari raya Idul Fitri, tidak terkecuali bagi para mahasiswa yang menjalani studi di luar kota.

Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) dan tekanan tugas hingga mendekati lebaran, tidak boleh membuat mahasiswa menjadi terburu-buru dan mengesampingkan bahaya di perjalanan.

Demi kenyamanan dan keselamatan, terutama bagi mahasiswa yang membawa kendaran pribadi, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Cek kondisi tubuh

Kondisi tubuh salah satu hal yang cukup penting karena mudik lebaran membutuhkan tenaga yang cukup dengan kondisi berpuasa. Alangkah baiknya untuk mengecek kesehatan terlebih dahulu agar dapat dipersiapkan obat-obatan jika ada segala sesuatu yang tidak diinginkan. Jika kondisi tubuh dirasa tidak memungkinkan, sebaiknya mudik ditunda terlebih dahulu, sampai kondisi tubuh memungkinkan.

2. Cek kondisi kendaraan

Selanjutnya yang harus dicek adalah kondisi kendaraan. Hal yang wajib yaitu kondisi kendaraan, cobalah untuk ke bengkel terlebih dahulu agar kendaraan aman sampai tujuan. Jangan sampai lupa juga untuk membawa semua kelengkapan kendaraan; SIM, STNK dan beberapa peralatan kecil seperti obeng, dongkrak dan alat-alat lain yang bisa digunakan saat kendaraan mogok.

3. List barang

Sebelum hari yang telah ditentukan untuk mudik lebaran. Cobalah untuk me-list barang-barang yang akan dibawa sesuai dengan kebutuhan dan cukup untuk dibawa dalam kendaraan. Agar tidak gugup dan tidak ada yang tertinggal.

4. Utamakan Berpuasa

Mudik sebelum lebaran tiba seharusnya tidak menghalani puasa. Namun jika tidak memungkinkan bawalah bekal makanan dan minuman. Karena dalam perjalanan kita akan menemukan perjalanan yang tidak lancar alias macet dan cuaca yang tidak menentu, disitu akan sangat melelahkan dan akan butuh makan dan minum. Bagi anda yang tetap memilih berpuasa, pun masih banyak masjid-masjid yang berbaik hati menyediakan takjil untuk berbuka.

5. Bawalah Kartu BPJS dan Kotak P3K

Cobalah untuk selalu membawa Kartu peserta BPJS anda, bagaimanapun kita tidak menginginkan hal buruk terjadi. Namun jika sewaktu-waktu, terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, BPJS akan akan membuat proses perawatan menjadi lebih mudah. Ada baiknya pula untuk menyiapkan kotak P3K untuk pertolongn pertama jika ada sesuatu yang tlebih ringan dan bisa ditangani sendiri.

6. Jangan membawa oleh-oleh terlalu banyak

Sesuaikan jumlah barang bawaan dengan batas kapasitas yang memungkinkan bagi kendaraan anda. Membawa barang terlalu banyak juga akan menyulitkan dalam berkendara, terutama untuk pengendara motor. Niat hati ingin menyenangkan sanak saudara dirumah tetapi jangan sampai menggadaikan keselamatan.

Selamat mudik, semoga silaturahmi dengan sanak saudara terus terjalin dan hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dapat dihindari.@reta