LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sangat bersyukur umat muslim di Indonesia tahun ini bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan serempak.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi setelah hasil sidang isbat Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1437 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1437 H jatuh pada hari yang sama.

Presiden berharap, Idul Fitri yang dirayakan serempak ini dapat menjadi awal kebersamaan masyarakat Islam Indonesia di masa-masa yang akan datang.

“Alhamdulillah, itu yang kita harapkan terus. Mulainya sama, nanti Idul Fitri-nya juga sama. Kita selalu harapkan seperti itu,” ucap Presiden menjawab pertanyaan wartawan usai berjamaag sholat tarawih di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, Senin (04/07/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan alasannya memilih Kota Padang sebagai tempat berlebaran Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo kali ini. Presiden mengatakan bahwa dirinya telah berjanji kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno untuk hadir bersama masyarakat Padang di Lebaran tahun ini.

“Karena kemarin diminta Pak Gubernur. Tahun yang lalu diminta Pak Gubernur untuk bisa berlebaran di Padang. Ya iya, saya sudah janji, saya datangi,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis Sekretariat Presiden dalam keterangan tertulis, Senin (04/07/2016).@LI-13