Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Banjir bandang dan tanah longsor hancurkan ratusan rumah di Malang
Ilustrasi banjir bandang dan tanah longsing di Malang
HEADLINE JATIM RAYA

Banjir bandang dan tanah longsor hancurkan ratusan rumah di Malang 

LENSAINDONESIA.COM: Banjir bandang dan tanah longsor melanda Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (20/7/2016). Akibatnya ratusan rumah rusak.

Banjir yang disebabkan curah hujan tinggi itu menimpa dua desa di Kecamatan Tirtoyudo. Yakni Desa Pujiharjo dan Purwodadi. “Hujan yang sangat lebnat jadi penyebab banjir ini,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setyono.

Menurutnya, hujan lebat sejak Selasa (19/7/2016) sore sekitar pukul 17.00 WIB hingga Rabu (20/7/2016) dini hari sekitar pukul 2.30 WIB itu langsung merendam dan merusakkan ratusan rumah.

Akibat banjir bandang dan tanah longsor tersebut, 106 rumah di Desa Pujiharjo rusak. Terdiri dari 9 rumah rusak berat, 13 rumah rusak sebagian dan 84 rumah rusak ringan. Sedangkan di Desa Purwodadi hanya ada lima rumah yang rusak. Total 111 rumah mengalami kerusakan.

“Tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang dan tanah longsor tersebut. Namun warga yang jadi korban dan rumahnya rusak, langsung diungsikan ke rumah kerabatnya.

Selain merusakkan rumah, banjir bandang dan tanah longsong ini juga menghancurkan sejumlah fasilitas umum juga. Diantaranya jalan desa sepanjang 400 meter dan tanggul sepanjang 600 meter di Desa Pujiharjo. Tiga titik saluran irigasi dan jembatan penghubung antar dusun di Desa Purwodadi juga rusak parah. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 940 juta. @*/andiono

Baca Juga:  Pelindo III - PT Garam salurkan dana Rp 97 juta untuk air bersih di Kupang