Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pesenam Belanda Yuri Van Gelder diusir dari ajang Olimpiade, Brasil, karena melakukan pelanggaran serius terhadap aturan tim, dengan nekat keluar malam lalu pesta Miras di Rio setelah pertandingan kualifikasi untuk final.

Atlet 33 tahun itu meninggalkan wisma atlet pada Sabtu malam dan menghabiskan waktu dengfan dugem di sebuah tempat hiburan lalu balik lagi pada Minggu dini hari. “Ini merupakan pelanggaran keras karena mengkonsumsi alkohol dan meninggalkan markas tim. Sangat disayangkan untuk Yuri, tetapi kebiasaan tersebut tidak dapat diterima dalam Tim Olimpiade di Brasil ini,” terang pimpinan tim Belanda Maurits Hendriks dalam sebuah pernyataan, Selasa (9/8/2016).

Sebelumnya, Yuri Van Gelder yang menjadi juara dunia senam gymnastic pada tahun 2005, telah melakukan pelanggaran keras juga di suatu kejuaraan. Pada 2009 dia ditangguhkan dari Persatuan Senam Atletik Belanda karena mengkonsumsi kokain tiga hari sebelum kejuaraan nasional.

Perlu diketahui, Tim Belanda telah meningkatkan aturan hidup yang ketat untuk atlet. Mereka dilarang mengikuti keluar setelah pertandingan Olimpiade di Rio demi keamanan. @andiono