Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini 4 keunggulan alat kesehatan RTTS karya mahasiswa UI
Ini salah satu profil 'kece' mahasiswa Fakultas Kedokteran UI.
HEALTH

Ini 4 keunggulan alat kesehatan RTTS karya mahasiswa UI 

LENSAINDONESIA.COM: RTTS (Real Time Telemonitoring System (RTTS), sebuah alat kesehatan baru produk mahasiswa Universitas Indonesia (UI), memiliki keistimewaan desain dan empat keunggulan.

Kepala Humas dam KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, SE, MM menjelaskan, RTTS  didesain sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan pasien. “Diantaranya, sensor yang digunakan tidak menggangu titik-titik persendian sehingga tidak menyulitkan pergerakan,” demikian Riffely menerangkan tertulis pada LICOM, hari ini (11/8/2016).

Terdapat empat keunggulan pada alat RTTS ini yaitu portable, ergonomis, mudah digunakan dan harga terjangkau. RTTS menggunakan sistem telemonitoring sehingga kondisi pasien rawat jalan dapat terus diakses dengan mudah dan real time oleh tenaga kesehatan.

Adapun informasi vital pasien yang dapat diperoleh dari RTTS diantaranya sensor EKG, sensor denyut nadi dan sensor suhu tubuh.

Cara kerja RTTS dimulai dari pengolahan data sensor yang kemudian ditransmisikan menjadi data informatif dan akan dikirimkan menggunakan jaringan internet.

Selanjutnya, tenaga medis dapat memantau perubahan kondisi pasien dari waktu ke waktu secara real time melalui website, sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk pada pasien dan memperbesar kemungkinan penanganan medis secara dini.

“Rafi bersama ketiga temannya berharap alat ini dapat dimanfaatkan di daerah terpencil maupun lokasi-lokasi bencana,” papar Riffely Dewi.

“Dan, menjadi salah satu opsi bagi Rumah Sakit untuk dimanfaatkan bagi pasien rawat jalan pasca kondisi kritis. Sehingga dapat dipantau secara berkala oleh dokter,” tambahnya. @

 

Baca Juga:  Momen Nataru 2020, Pelindo III bakal fasilitasi mudik gratis 20 ribu pemudik