Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung geram dengan kebakaran lahan dan penyerobotan lahan negara sehingga memerintahkan rumah perambah hutan di lahan negara untuk dibakar.

“Saya perintahkan bakar rumah-rumah perambah hutan yang ada di lahan negara. Mereka sudah menyerobot lahan negara. Bakar rumahnya!! Tangkap orangnya,” tegas Pandam I BB Mayjen Lodewyk Pusung dalam rapat di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Sabtu (13/8/2016).

Pangdam I Bukti Barusan menyampaikan hal itu terkait perambahan dan pembakaran lahan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Riau. “Tindak tegas perlu dilakukan karena perambah hutan sudah menguasai lahan negara dan melakukan pembakaran. Mereka itu sudah menjarah lahan negara,” sambung Mayjen Lodewyk Pusung.

Perlu diketahui, selama ini kawasan TNTN seluas 68 ribu hektar dan sekitar 60 persen dikuasai secara ilegal. Penguasaan lahan dilakukan secara pribadi mulai dari kelompok tani, organisasi wartawan, oknum petinggi media di Pekanbaru, oknum pejabat dan anggota dewan. @*/andiono