Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kenali tandanya dan cegah serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung. (ISTIMEWA)
HEADLINE HEALTH

Kenali tandanya dan cegah serangan jantung 

LENSAINDONESIA.COM: Dalam dua tahun terakhir banyak kabar kematian mendadak tokoh atau selebriti berusia muda karena serangan jantung. Yang terakhir adalah kematian Mike Mohede, penyanyi jebolan Indonesian Idol itu meninggal saat tidur.

Penyakit kardiovaskular terus menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia saat ini yaitu lebih dari 17,5 juta orang meninggal tiap tahunnya. Penyakit jantung, penyakit pembuluh darah otak, atau penyakit pembuluh darah termasuk penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular yang paling umum termasuk penyakit jantung koroner (misalnya serangan jantung) dan penyakit serebrovaskular (misalnya stroke). Mengontrol faktor risiko utama seperti diet, aktivitas fisik, penggunaan tembakau, dan tekanan darah dapat mengurangi risiko Anda untuk penyakit kardiovaskular.

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengungkap beberapa serangan jantung terjadi tiba-tiba dan intens. Tapi sebagian besar serangan jantung mulai perlahan-lahan, dengan nyeri ringan atau ketidaknyamanan. Sering kali orang yang terkena dampak tidak yakin apa yang salah dan menunggu terlalu lama sebelum mendapatkan bantuan.

Berikut adalah tanda-tanda yang bisa berarti serangan jantung yang terjadi:

– Timbulnya rasa tidak nyaman di dada. Kebanyakan serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau pergi dan datang kembali. Hal ini dapat merasa seperti tekanan tidak nyaman, meremas, kepenuhan atau nyeri.
– Ketidaknyamanan di area lain pada tubuh bagian atas. Gejalanya bisa berupa rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.
– Sesak napas dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada.
– Tanda-tanda lain mungkin termasuk keluarnya keringat dingin, mual atau kepala pusing.

Serangan jantung sering menampakkan diri secara berbeda pada wanita dibandingkan pada pria. Seperti pada laki-laki, gejala serangan jantung yang paling umum pada perempuan adalah nyeri dada atau timbulnya rasa ketidaknyamanan. Tapi pada perempuan lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual / muntah, dan punggung atau nyeri rahang.

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengajak masyarakat untuk terus mewaspadai segala jenis serangan jantung dengan menjaga pola hidup yang sehat, berolahraga dan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Seperti yang disarankan oleh YJI melalui Panca Usaha Jantung Sehat, yaitu:
– Seimbangkan gizi
– Enyahkan rokok
– Atasi dan hadapi stress
– Awasi tekanan darah
– Teratur berolahraga

@sita