Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pihak Konsulat Jenderal RI di New York, Amerika Serikat, akan melakukan tinjauan keamanan menyeluruh setelah gedung KJRI dimasuki sepasang pencuri.

Hal itu disebutkan Arrmanatha Nasir, selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, menyikapi insiden pembobolan yang dilaporkan kepada polisi pada Senin (22/8/2016), pukul 01.05 waktu setempat.

Sebagaimana dipaparkan pihak kepolisian New York yang dikutip NY Daily News, sepasang pria dan perempuan melompati pagar dan masuk ke gedung KJRI New York melalui pintu yang tidak dikunci. Di dalam gedung yang terletak dekat kawasan elite Fifth Avenue itu mereka mencuri sebuah komputer tablet merk Samsung, sebotol Vodka, satu koper berisi baju, dan kunci mobil Honda Odyssey yang diparkir di luar gedung. Mereka kemudian kabur dengan barang-barang curian itu menggunakan mobil tersebut.

Menurut Arrmanatha, asuransi akan mengganti kendaraan dinas yang hilang. “Wajah kedua orang tersebut tertangkap CCTV KJRI dan sudah dilaporkan kepada polisi. Pihak kepolisian dalam tahap melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut,” kata Arrmanatha mengutip BBC.

Wajah kedua pelaku berhasil terekam CCTV. Dari rekaman yang saat ini menjadi barang bukti oleh New York Police Department (NYPD).

Sambil melihat ke arah kamera, seorang pelaku yang diketahui berjenis kelamin laki-laki berada di bagian depan. Ada seorang wanita yang mengikutinya dari belakang. Dalam video terlihat keduanya berjalan ke dalam gedung. Ciri-ciri pelaku pria yang terekam kamera disebut pihak kepolisian memiliki ras Hispanik berusia antara 18 hingga 25 tahun. dia mengenakan celana panjang berwarna abu-abu dan sandal berwarna gelap.

Sementara pelaku wanita juga dideskripsikan sebagai seorang Hispanik berusia 18 hingga 25 tahun berambut hitam. Dia terlihat mengenakan tank top bergaris hitam putih, celana panjang berwarna gelap dan sepatu kets putih.@licom