Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
KPK telusuri aliran dana dalam rekening Gubernur Sulawesi Tenggara
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam
HEADLINE DEMOKRASI

KPK telusuri aliran dana dalam rekening Gubernur Sulawesi Tenggara 

LENSAINDONESIA.COM: KPK tengah menelusuri dugaan imbal jasa yang diterima Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam, ketika mengeluarkan Surat Keputusan Ijin Usaha Pertambangan kepada PT AHB, perusahaan yang melakukan penambangan nikel di Kabupaten Buton dan Bombana.

Menurut Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, ditemukan adanya sejumlah bukti transfer ke rekening Gubernur Nur Alam yang juga politikus Partai Amanat Nasional itu. “Info rekening sudah kami dapatkan dari PPATK, jadi semuanya berjalan lancar,” ungkap Laode, Rabu (24/8/2016).

Menurutnya, KPK sudah mendapatkan beberapa bukti transfer. Namun Laode mengaku belum bisa mengeluarkannya lantaran masih diakumulasi. “Jumlahnya cukup signifikan,” bebernya lagi.

Laode juga memastikan salah satu angka yang dipakai untuk melakukan penyelidikan adalah laporan dari PPATK. Namun data PPATK itu hanya sebagian dari bukti yang ditemukan KPK. “Kami masih mencari bukti-bukti yang cukup untuk menjerat pihak pemberi, salah satunya dengan melakukan penggeledahan di sejumlah tempat,” tambahnya.

Tak menutup kemungkinan, KPK akan menjerat Gubernur Sulawesi tenggara, Nur Alam, dengan sangkaan tindak pidana pencucian uang pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. “Sedang dikaji apakah ada kemungkinan tindak pidana pencucian uang. Semuanya masih tergantung bukti-bukti yang didapat. Kalau alat buktinya cukup, maka bisa ditingkatkan sebagai tersangka,” pungkasnya. @*/andiono