Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
108 grup Hadrah se-Jatim berebut Piala Golkar
Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Nyono Suharli membuka lomba Hadrah se-Jatim di Bojonegoro, Selasa (06/09/2016). Foto: Obi-lensaindonesia.com
Bojonegoro

108 grup Hadrah se-Jatim berebut Piala Golkar 

LENSAINDONESIA.COM: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur menggelar lomba Hadrah Tradisional.

Acara bertajuk ‘Bojonegoro Bersholawat” yang diselenggarakan di halaman Kantor DPD II Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro ini akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 10 September 2016 mendatang.

Lomba yang memperbutkan piala DPP, DPD I, dan DPD II Partai Golkar ini dibuka langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Nyono Suharli, Selasa (06/09/2016).

Ketua DPD Partai Golkar Bojonegoro, Hj Mitro’atin mengatakan, lomba Hadrah dalam rangka menyongsong Hari Raya Idul Adha ini digelar untuk melestarikan kesenian Islam tradisional.

“Pesertanya sekitar 108 grup Hadrah dari Bojonegoro dan sekitarnya. Penyelenggaraan Lomba Hadrah dimaksudkan untuk melestarikan kesenian-kesenian Islami yang ada di masyarakat,” katanya kepada LICOM.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Drs Ec Nyono Suharli menjelaskan, Hadrah merupakan gabungan antara kesenian tradisi lokal dan Islam yang sudah memasyarakat.

Hadrah atau lebih populer dengan sebutan terbangan perkembangannya sejak sejarah dakwah Islam di Jawa. Seni yang memasukan musik rebana, nyanyian dan gerakan tarian ini popoler sejak jaman Wali Songo.

“Kesenian Hadrah bukan hanya sebatas sarana hiburan saja, melainkann sebagai bentuk syiar agama Islam,” kata Nyono.

Menurut Nyono, dari dakwah Wali Songo melalui pendekatan budaya tersebut akhirnya mampu memasukkan nilai-nilai Islam dalam kesenian yang tumbuh di wilayah nusantara ini.

“Dan itu terus dilestarikan hingga kini” katanya.

Bupati Jombang ini pun berharap, Kabupaten Bojonegoro bisa terus menjadi bagian dalam upaya melestarikan kesenian Hadrah ini. “Semoga Bojonegoro mempunyai identitas sebagai kota Hadrah,” harapnya.@Obi

Baca Juga:  Kemenristekdikti tunjuk UMM jadi tuan rumah kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2019