Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kobangdikal resmi berganti nama menjadi Kodiklatal
Upacara Militer peresmian pergantian nama Kobangdikal menjadi Kodiklatal dipimpin Kasal Laksamana TNI Ade Supandi di Surabaya, Jumat (09/09/2016). Foto: Rofik-lensaindonesia.com
HEADLINE JATIM RAYA

Kobangdikal resmi berganti nama menjadi Kodiklatal 

LENSAINDONESIA.COM: Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) resmi berubah nama menjadi Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Perubahan naman Kobangdikal menjadi Kodiklatal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 62 Tahun 2016 Tentang Susunan Organisasi TNI AL, yang diresmikan langsung oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dengan upacara Militer di Surabaya, Jumat (09/09/2016).

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, perubahan nama tersebut dilakukan rangka menghadapi tantangan kekinian. Pergantian nama Kobangdikal, lanjut Ade, sebenarnya sudah lama diajukan seiring dengan pembentukan tiga Lantamal yakni Lantamal 12,13 dan 14.

“Karena ada kaitan juga kesamaan dalam kriminologi dengan Angkatan Laut. Angkatan Darat (AD) itu ada Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat dan nanti sumua Komando menyesuaikan,” terangnya.

“Komando latihan Angkatan Laut dengan konsep interoperability dari kegiatan pembinaan SDM juga akan bisa terjalin selain itu juga bahwa fungsi Kobangdikal yang sekarang jadi Kodiklatal tetap dalam pembinaan rutin,” tambahnya.

Sejak berdiri pada tahun 1946, Kodiklatal sebelumnya bernama Sekolah Angkatan Laut (SAL) yang bermarkas di Tegal Jawa yang merupakan tonggak sejarah perkembangan pendidikan TNI AL

Dalam perkembangan Angkatan laut, pada tahun 1950 berubah nama menjadi Sekolah Angkatan Laut Pasiran. Lalu tahun 1952 diresmikan berdirinya Ksatria Pendidikan Angkatan Laut Morokrembangan (KPALM), dan berganti nama Pusdikal.

Pada tahun 1968, Pusdikal berganti nama lagi menjadi Kodikal. Kemudian pada 1977 dan tahun 2007 menjadi Kobangdikal yang sekarang menjadi Kodiklatal.@rofik