Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Bareskrim butuh keterangan saksi, 9 korban penipuan haji akan dipulangkan dari Filipina
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Foto: istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Bareskrim butuh keterangan saksi, 9 korban penipuan haji akan dipulangkan dari Filipina 

LENSAINDONESIA.COM: Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memastikan 9 calon haji korban penipuan agen travel yang masih berada di Filipina segera dipulangkan ke Indonesia untuk menjadi saksi.

Saat ini, Bareskrim Mabes Polri tengah mengembangkan kasus pemberangkatan 700 calon haji melalui Filipina tersebut.

“Kita pastikan sembilan jemaah calon haji yang saat ini masih di Filipina akan segera dipulangkan ke tanah air,” ucap Tito Karnavian di Brebes, Jateng, Sabtu (10/09/2016).

Kapolri berterima kasih kepada Pemerintah Filipina dan Presiden Jokowi yang telah membuka kasus penipuan paspor haji itu.

“Kita juga segera koordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait 700 jamaah calon haji yang berangkat menggunakan paspor Filipina,” kata Tito.

Dalam pengembangan kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan Bareskrim itu, lanjut dia, para jemaah calon haji tidak mengetahui jika paspor yang digunakan dari negara lain.

“Kita juga tentu berterima kasih kepada pemerintah Filipina dan presiden yang memberikan kemudahan- kemudahan sehingga sebagian sudah pulang. Kecuali sembilan orang yang dijadikan saksi dan kita segara dipulangkan,” ungkap dia.

Kapolri menegaskan, jika pihak kepolisian hanya menangani kasus pidananya saja. Sedangkan untuk lainya lebih dominan kewenangan kementerian luar negeri.

“Kita fokus tangani kasus pidananya saja, untuk yang lainya atau yang berhubungan dengan negara lain menjadi kewenangan kementerian luar negeri,” jelasnya.@LI-13

Baca Juga:  Modal Rp8 juta, mahasiswa Unipra ciptakan mesin penghacur sampah dilengkapi safety sensor