Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pilgub DKI Jakarta, SBY sudah rencanakan koalisi empat partai sejak awal
DKI

Pilgub DKI Jakarta, SBY sudah rencanakan koalisi empat partai sejak awal 

LENSAINDONESIA.COM: Langkah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ‘membentuk’ koalisi empat partai politik (parpol) untuk mengusung pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta kian membuat nasib koalisi kekuargaan terkatung-katung.

Sebab, dalam pertamuan yang diselenggarakan di kediaman SBY di Cikeas Bogor Rabu (21/09/2016) kemarin, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra tidak diundang. Permuan hanya dihadiri para elit Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Otomatis, hal ini sangat menyulitkan langkah Gerindra dan PKS yang sejak awal memiliki ambisi besar mengalahkan calon incubmen Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.  

Menanggapi tak-tik politik ini koalisi empat partai ini, Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai pertemuan antara Partai Demokrat, PPP, PAN, dan PKB di Cikeas itu sangat mungkin sudah direncanakan sejak awal.

“Jadi pertemuan itu bukan turun dari langit, sudah direncanakan. Kalau bicara SBY pasti sudah direncanakan,” kata Qodari dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/09/2016).

Oleh karena itu, Qodari pun menganggap pembentukan koalisi empat partai tersebut serta beberapa nama yang dimunculkan dalam pembahasan semalam sejatinya juga sudah disiapkan.

Dengan demikian, menurut Qodari, nama Anies Baswedan pun sebenarnya sudah dibahas lama oleh keempat partai tersebut.

“Ya seperti ciri khasnya SBY, sampai titik koma pun sudah diatur. Dan sangat mungkin koalisi empat partai yang akhirnya memunculkan nama Anies Baswedan juga sudah direncanakan sejak lama,” tuturnya.

Sebelumnya, empat partai mengadakan rapat konsolidasi di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Kabupaten Bogor, Rabu (21/9/2016) malam dan berakhir Kamis (22/09/2016) dini hari.

Baca Juga:  DPRD Jatim bentuk tim penyusun Tatib

Rapat konsolidasi semalam dilakukan untuk mencari calon pasangan penantang bagi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang telah mendaftar lebih dulu ke KPU DKI Jakarta.

Rapat dipimpin langsung Yudhoyono. Dari foto yang dikirimkan internal Partai Demokrat, tampak hadir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy.

Lainnya, tampak elite Partai Demokrat seperti Sekjen Hinca Panjaitan, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, dan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli.@LI-13