LENSAINDONESIA.COM: Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kembali menyapa 21 fakultas kedokteran gigi yang memiliki Rumah Sakit Mulut dan Gigi (RSGM) di 30 kita PDGI cabang di Indonesia. Hari ini, giliran FKG Universitas Airlangga jadi tuan rumah BKGN mulai 3-5 Oktober 2016.

Lebih dari 60 anak pelajar sekolah dasar binaan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) Sekolah Dasar Negeri Rangkah VI Kota Surabaya ambil bagian di kegiatan ini. Setelah menggosok gigi, mereka diajak untuk memeriksakan gigi. Tempatnya, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut UNAIR.

Surabaya jadi kota kelima dikunjungi even yang digelar Pepsodent berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) itu.

Menargetkan 1.000 orang yang berkunjung, FKG Universitas Airlangga telah menyiapkan 140 dokter gigi untuk memberikan pelayanan.

BKGN merupakan salah satu wujud implementasi dari strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP) dimana Pepsodent mengambil peran untuk meningkatkan kesehatan gigi 100 juta masyarakat dunia di tahun 2020 dan menciptakan Senyum Indonesia yang lebih sehat.

“Melalui BKGN kali ini, Pepsodent mengingatkan pentingnya peran orang tua, terutama ibu untuk mengenal dan mengetahui bagaimana cara mencegah kebiasaan yang berakibat buruk pada kondisi kesehatan gigi dan mulut anak. Sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan anak dan dianggap sepele dapat berpotensi menjadi kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut si kecil,dengan mengenal kebiasaan buruk si kecil maka orang tua bisa melakukan pencegahan sedini mungkin,” papar drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Carter, PT Unilever Indonesia, Tbk.

“Dari sekitar 9 juta penduduk anak (usia di bawah 15 tahun) di Jawa Timur, sekitar 462.232 anak memerlukan perawatan gigi dan mulut dan baru 305.400 anak menerima perawatan kesehatan gigi
dan mulut.1Untuk itu, kami menghimbau keluarga di sekitar Surabaya untuk memanfaatkan kehadiran BKGN di FKG UNAIR,” drg. Ketut Suardita, PhD., Sp.KG(K), Wakil Dekan III FKG Universitas Airlangga.

Hadir meresmikan acara, drg. Ketut Suardita, PhD., Sp.KG(K), Wakil Dekan III FKG Universitas Airlangga mewakili dan Prof. R.M. Coen Pramono D., drg., SU., Sp.BM(K), Direktur RSGM Universitas Airlangga dengan disaksikan civitas akademika Universitas Airlangga
dan Kepala Rumah Sakit di lingkungan UNAIR.@sita