LENSAINDONESIA.COM: Sebagai agenda tahunan, Pasar Seni Lukis Indonesia 2016 kembali digelar 7 hingga 16 Oktober 2016 di gedung JX Internasional Surabaya yang kali ini pesertanya menurun jumlahnya. Dari tahun lalu yang diikuti 228 pelukis, kini hanya diikuti 210 pelukis berbagai aliran yang 40 persennya terdiri dari para maestro yang siap menempati 155 stand.

M. Anis, Ketua Penyelenggara Pasar Seni Lukis Indonesia 2015 mengatakan, untuk tahun ini karya pelukis aliran realis cukup mendominasi. Sebagaimana di tahun sebelumnya karya lukis realis cukup berkontribusi signifikan.

“Pelukis aliran realis pada gelaran tahun ini mendominasi sekitar 50 persen dibanding aliran lainnya. Artinya, PSLI selalu banjir peminat karya lukis di segmen realis tentunya. Kami berharap untuk nilai transaksi, di tahun ini kami berharap mencapai Rp 2 miliar. Sebab di tahun PSLI 2014 berhasil mencapai nilai transaksi sejumlah Rp 2,7 miliar, sedangkan PSLI di tahun 2015 agak menurun yang hanya mencapai Rp 1,4 milyar,” papar Anis kepada Lensaindonesia.com saat ditemui di gedung JX Internasional Surabaya, Rabu (05/09/2015).

Anis menambahkan, ajang pamer seni lukis kali ini pihaknya memberlakukan transaksi bebas. Artinya, setiap transaksi tanpa ada pemberlakuan patokan harga. Para pengunjung dan kolektor bisa memiliki lukisan di PSLI 2016 ini dengan sistem nego bebas.

“Pameran yang mengusung tema KONTEMPLASI ini bakal memamerkan 140 lukisan merupakan konsep baru. Bahkan, setiap pelukis harus memamerkan satu karya idealisnya di tengah pelataran PSLI 2016 kali ini. Dan tentunya kami berharap di PSLI 2016 ini akan meraih sukses dari tahun sebelumnya,”, pungkas Anis.@Eld-Licom