LENSAINDONESIA.COM: Sedikitnya empat orang tewas dan tiga lainnya dilaporkan hilang akibat Topan Chaba yang menyebabkan gelombang mirip tsunami menyapu bagian selatan Semenanjung Korea Selatan, tepatnya kawasan Pulau Jeju.

Kementerian Keamanan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan menyebutkan Pulau Jeju dan kota-kota di barat daya, termasuk Busan dan Ulsan adalah yang paling parah terkena dampak setelah diterjang Topan Chaba sejak Selasa (4/10/2016) hingga Rabu (5/10/2016).

Selain korban jiwa dan bangunan yang hancur, Topan Chaba juga membawa kehancuran bagi industri. Situs-situs industri dan pabrik utama Negeri Ginseng tersebut luluh lantak akibat badai yang menyerupai tsunami ini.

Produksi pabrik perakitan mobil Hyundai Motor di Ulsan, yang memproduksi mobil Accent dan Santa Fe, dihentikan sementara karena banjir. Sedangkan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co di Pulau Geoje juga menunda operasional kapal-kapalnya.

Tayangan televisi menunjukkan banjir besar di bagian Ulsan dan Busan, dengan ribuan mobil dan sejumlah banguan terendam banjir akibat dan gelombang laut disertai badai terus menghempas di blok apartemen di dekat pantai. @LI-15