LENSAINDONESIA.COM: Presiden Republik Indonesia ke 5, Megawati Soekarnoputri melakukan kunjungan persahabatan ke Aljazair.

Kehadiran Presiden ke-5 RI itu, memenuhi undangan khusus dari Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika. Megawati tiba di Aljazair Kamis, 20 Oktober 2016, pukul 10.50 waktu setempat atau Kamis pukul 17.50 WIB, dengan disambut upacara kenegaraan dan sangat dinantikan oleh pemerintah Aljazair.

Hadir menjemput Ketua Senat Aljazair yang juga orang no 2 di Aljazair, Abdulkader Bensalah dan Duta Besar RI untuk Aljazair, Safira Machrusah.

Saat tiba di bandara, Megawati disambut dengan upacara kenegaraan berupa dentuman meriam dan pemeriksaan pasukan bersama ketua Senat aljazair.

Agenda hari pertama kemarin adalah Peletakkan karangan bunga di taman Makam Pahlawan El Alia dan Peresmian gedung Opera Boualem Bessaih.

Setelah itu, kunjungan Mega dilanjutkan dengan pertemuan empat mata dengan Presiden Aljazair dengan Presiden RI ke 5, Megawati Soekarnoputri.

Kamis malamnya, Mega melanjutkan agendanya dengan makan malam kenegaraan di Wisma Negara Aljazair.

Sebagaimana diketahui, negara dan rakyat Aljazair sangat mengenal Indonesia dan Presiden RI-1 Ir Soekarno, ayahanda Megawati. Rakyat Alzair menghormati dan menghargai jasa-jasa Presiden Soekarno karena tokoh yang cukup disegani dunia era akhir 50-an dan awal 60-an ini termasuk arsitek dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika, dan juga pendorong kemerdekaan Aljazair. Berkat peran Presiden Soekarno di Konferensi Asia Afrika, sehingga memuluskan Aljazair berhasil merdeka.

Media di Alzair memberitakan, kunjungan puteri figur –Presiden Soekarno– yang dianggap tak ubahnya ‘pahlawan’ bagi kemerdekaan rakyat Alzair ini, dapat makin mempererat hubungan kedua negara di segala bidang. @arif