LENSAINDONESIA.COM: gelandang muda Bayern Munich asal Portugal, Renato Sanches, dinobatkan meraih gelar Golden Boy Award 2016.

UEFA menilai peran gelandang serang muda berusia 21 tahun itu dalam Piala Eropa 2016 bersama Timnas Portugal sangat impresif. Apalagi akhirnya Portugal berhasil meraih gelar juara.

Tak hanya itu, tampil enam kali dari tujuh pertandingan Timnas Portugal dalam Piala Eropa 2016, Renato Sanches juga didaulat sebagai pemain muda terbaik dalam turnamen tersebut.

Penghargaan Golden Boy Award 2016 UEFA ini sendiri ditentukan sebuah panel yang berisi 30 jurnalis. Para Panelis itu lantas mengumumkan sekitar 40 pemain muda yang jadi nominasi bulan lalu.

Renato Sanches mengaku sangat senang dan mendedikasikan gelar Golden Boy Award 2016 itu untuk keluarganya. “Penghargaan ini punya efek secara global. Tapi saya masih harus terus banyak belajar dari rekan-rekan setim yang fantastis seperti Arturo Vidal, Xabi Alonso, Thiago Alcantara dan Joshua Kimmich,” terangnya.

Perlu diketahui, Golden Boy Award tahun lalu dimenangkan striker Manchester United, Anthony Martial. Para pemenang sebelumnya adalah Paul Pogba (2013), Raheem Sterling (2014), Mario Balotelli (2010), Lionel Messi (2005) dan Rafael van der Vaart di edisi perdana pada tahun 2003. @LI-15