Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Golkar dorong lomba orasi kebangsaan jadi agenda nasional
Penampilan peserta Lomba Orasi Kebangsaan di Gedung Juang 45 Surabaya, Selasa (01/11/2016). Kegiatan ini diselenggarakan DPD Partai Golkar Surabaya dalam rangka memperingati HUT Golkar ke-52. Foto: Iwan-lensaindonesia.com
AKTIVIS

Golkar dorong lomba orasi kebangsaan jadi agenda nasional 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Nyono Suharli Wihandoko mengapresiasi acara Lomba Orasi Kebangsaan yang digelar DPD Golkar Surabaya.

Selain bisa menampung aspirasi kebangsaan dari mahasiswa, acara ini juga dinilai memberi wawasan dalam melakukan orasi yang benar.

Acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Partai Golkar ke-52 ini diikuti oleh sejumlah aktivis dan mahasiswa.

“Agenda ini sangat bagus untuk menampung aspirasi kebangsaan dari mahasiswa. Insya Allah saya akan usulkan ke DPP (Golkar) agar acara ini bisa terus berkelanjutan dan berskala nasional,” ujar Nyono saat membuka Lomba Orasi Kebangsaan di Gedung Juang 45 Surabaya, Selasa (01/11/2016).

Nyono mengatakan, bahwa kondisi bangsa Indonesia semakin lama tidak jelas dan mengkhawatirkan. Hal ini karena ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi dan lainnya sudah tidak steril. “Nyaris semua ideologi diintervensi asing,” sebutnya.

“Nah dalam kondisi seperti ini, kita masih bersyukur ada Partai Golkar yang masih memedulikan kondisi kebangsaan dengan mengelar lomba orasi kebangsaan untuk menampung pemikiran-pemikiran para generasi muda. Banyak partai hanya sibuk ngurusi dirinya sendiri tanpa memikirkan nasib bangsa,” kata Bupati Jombang ini mengkritik.

 Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko membuka Lomba Orasi Kebangsaan di Gedung Juang 45 Surabaya, Selasa (01/11/2016). Foto: aan

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko membuka Lomba Orasi Kebangsaan di Gedung Juang 45 Surabaya, Selasa (01/11/2016). Foto: aan

Ketua DPD Golkar Surabaya Blegur Prijanggono menambahkan, diselenggarakannya lomba orasi kebangsaan sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan situasi Indonesia saat ini. Menurutnya, ancaman terhadap stabilitas nasional semakin masif.

Kondisi ini, kata Blegur, perlu kepedulian bersama untuk memberikan sumbangan pemikiran. Mahasiswa adalah generasi muda dengan semangat nasionalis dan idealisme yang kental dipandang mampu memberikan aspirasi untuk menyelesaikan sengkarut bangsa.

“Jadi hasil dari kegiatan ini merupakan masukan positif terhadap pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Golkar Surabaya Pertiwi Ayu Krishna berharap lomba orasi kebangsaan akan menjadi agenda nasional.

Baca Juga:  Jadilah buzzer penyebar informasi positif untuk perdamaian

Ia menceritakan, bahwa di Malaysia orasi kebangsaan rutin digelar pemerintah setiap setahun sekali. Tujuannya untuk menyaring aspirasi dari mahasiswa tentang kondisi negara serta solusi ideal.

“Kayaknya ini baru dilakukan di Surabaya, di seluruh Indonesia yang digelar partai belum ada. Muncul dari Surabaya menjadi embrio orasi yang akan digelar rutin di tingkat nasional,” ujar perempuan yang manjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya ini.

Sekretaris Panitia HUT Partai Golkar Surabaya Arif Fathoni juga menyampaikan, bahwa Lomba Orasi Kebangsaan HUT Partai Golkar ke-52 ini diikuti sekitar 100 peserta orasi yang berasal dari mahasiswa berbagai kampus di Jawa Timur. Bahkan ada peserta dari Universitas Riau.

Golkar Targetkan Orasi Kebangsaan Mahasiswa Jadi Agenda Nasional.

“Awalnya hanya mengundang Universtas di Surabaya, tapi yang daftar ada peserta dari ujung barat Indonesia yakni Universitas Riau, dan ada juga mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Bangkalan,” jelasnya.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini bercerita. Sebelumnya mengumpulkan Senat mahasiswa dan BEM se Universitas di Surabaya. Keikutsertaan mereka bukan semata hadiah, tapi mereka termotivasi untuk meberikan idealisme dan solusi kebangsaan terkini.

“Inilah konsensus perbaikan bangsa dari aktifis mahasiswa Surabaya,” ucapnya.@wan