Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kampanye kesehatan jantung, YJI pamerkan baju-baju mantan Presiden RI dan Ibu Negara
Busana mantan Ibu Negara RI. Foto: Dok. Yayasan Jantung Indonesia
HEADLINE LIFETREND

Kampanye kesehatan jantung, YJI pamerkan baju-baju mantan Presiden RI dan Ibu Negara 

LENSAINDONESIA.COM: Memperingati hari ulang tahun ke 35 tahun Yayasan Jantung Indonesia yang didirikan tanggal 9 Nopember 1981 terus aktif memelopori gaya hidup sehat demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan pencegahan jantung dan pembuluh darah.

Tahun ini, YJI mengusung tema pentingnya peranan perempuan dalam ikut serta menjaga kesehatan jantung karena menyadari besarnya peranan perempuan. Perempuan sebagai makluk multi peran, yaitu sebagai ibu dan sekaligus sebagai pendidik anak bahkan banyak juga sebagai wanita karir, diharapkan menjadi ujung tombak dalam kelompok manusia terkecil yaitu keluarga, dimana ibu bisa menentukan kesehatan keluarga.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Ibu Syahlina Zuhal menyatakan “Perempuan harus merawat kesehatan jantung dan kesehatan tubuh yang lain dengan baik. Sehingga dapat banyak berkontribusi, dengan menyampaikan pesan-pesan gaya hidup sehat untuk jantung yang sehat bagi keluarga,” ujar Syahlina Zuhal, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) kepada LICOM di Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Ia menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya kembali mengadakan kampanye “Go Red For Women” yang bertujuan mengajak para perempuan menjadi lebih sadar akan penyakit jantung dan bagaimana cara mencegahnya.

Dalam kampanye ini akan digelar pameran baju-baju Presiden, Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, yang berlangsung di Plaza Indonesia dari tanggal 30 November – 31 Desember 2016.

“Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri, para Ibu Negara dan para Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia adalah representasi seorang perempuan multitasking yang menjaga kesehatan keluarganya, lingkungannya dan masyarakatnya,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai agen perubahan yang menciptakan serta mendukung generasi cerdas yang sadar akan pentingnya bergaya hidup sehat, para tokoh ini juga memberikan keteladanan dengan penampilan terbaiknya saat mengenakan busana nasional Indonesia.

Baca Juga:  Princess Cruises tawarkan wisata lihat gerhana matahari di Selat Malaka

Dengan misi yang sama dalam mengedukasi gaya hidup sehat kepada masyarakat Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia di hari jadinya ke 35 tahun, mempersembahkan pameran Busana Nasional Perempuan dari Presiden, Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Baju-baju yang dipamerkan antara lain dari koleksi almarhumah dr. Hj. Hasri Ainun Besari atau Ibu Ainun Habibie, almarhumah Hj. Ratu Emma Norma Sudharmono, almarhumah Ibu Tien Soeharto, Ibu Ani Yudhoyono, Ibu Karlinah Djaja, Ibu Atmadja Wirahadikusumah, Ibu Herawati Boediono, Ibu Mufidah Kalla, DRA Sinta Nuriyah Wahid, Ibu Tuti Sutiawati Sutrisno, Ibu Megawati Soekarnoputri, almarhumah Siti Rahmiati Hatta, dan almarhumah Nelly Adam Malik,” jelas Syahlina.

Selain pameran baju Presiden, Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, pada kesempatan kali ini bersama Yayasan Jantung Indonesia, Lace by Art Kea juga ingin ikut menyuarakan semangat “Go Red for Women”. Melalui rancangan yang dikenakan oleh sahabat-sahabat dari Yayasan Jantung Indonesia pada acara peringatan hari jadi Yayasan Jantung Indonesia ke-35, serangkai warna merah pada koleksi ini pun hadir sebagai simbol dukungan terhadap visi dan misi Yayasan Jantung Indonesia.

Mengambil inspirasi dari gaya berbusana para ibu Negara, koleksi spesial ini menampilkan desain ‘kebaya’ modern dengan siluet santun dan longgar dengan ciri khas Lace by Art Kea yang elegan, anggun dan mewah serta menekankan pada detil pekerjaan tangan. Palet warna merah, putih dengan beberapa warna cerah lainnya mencerminkan beragamnya dan kayanya nusantara Indonesia.

Dalam perayaan HUT YJI ini juga dilakukan peluncuran buku “Detak untuk Negeri” karya Riva Ati Hanifa. Buku yang diterbitkan Yayasan Jantung Indonesia ini adalah sebuah catatan perjalanan Yayasan Jantung Indonesia sepanjang 35 tahun mengabdi untuk negeri.

Baca Juga:  Komisi B DPRD Surabaya usulkan Pansel Dirut PDPS diganti karena dinilai gagal

Dalam buku ini tertulis upaya berkesinambungan yang telah selama ini Yayasan Jantung Indonesia lakukan baik membantu untuk operasi dan pengobatan jantung bagi masyarakat kurang mampu maupun mengedukasi masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat, terutama menjaga kesehatan Jantungnya agar bisa lebih produktif.

Dalam kesempatan yang baik ini juga diluncurkan Pendant Healthy Heart yang terbuat dari emas putih dan ruby yang akan dijual untuk umum bagi mereka yang tergerak untuk mendukung kampanye Yayasan Jantung Indonesia tentang gaya hidup sehat. Pendant Healthy Heart yang dirancang oleh Wanda Ponika merupakan simbol kepedulian Wanda House of Jewels dan akan selalu ada untuk mendukung setiap tujuan baik di masa akan datang.

“Kami mengajak masyarakat luas umumnya untuk turut bersama-sama berperan aktif dalam memasyarakatkan pola hidup sehat, terutama kepada para perempuan sebagai agen perubahan yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung diri sendiri, keluarga dan juga bangsa,” tutur Syahlina.@Rudi