Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
TNI AD: Heli yang Jatuh dalam kondisi baik saat lepas landas
Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dalam konferensi pers di Kantor Dinas Penerangan AD, Jakarta, Minggu (27/11/2016). Foto: kompas
Kalimantan

TNI AD: Heli yang Jatuh dalam kondisi baik saat lepas landas 

LENSAINDONESIA.COM: Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah meyakini jatuhnya helikopter TNI AD di Kabupaten Malinau, Kalimatan Utara bukan disebabkan faktor mesin.

Pasalnya, kata Fadhilah, helikopter jenis Bell 412EP dengan nomor registrasi penerbangan HA-5166 itu saat diterbangkan dalam kondisi baik.

“Saya meyakini apa yang sedang terbang itu dalam kondisi baik,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Dinas Penerangan AD, Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Ia menuturkan, kelaikan helikopter produksi Amerika Serikat tahun 2013 tersebut telah diperiksa dengan ketat sebelum lepas landas.

“Ini pesawat baru dan saya katakan ini sudah laik terbang. Kondisi helinya sendiri dicek betul, bahkan kalau ada panel-panel itu kurang dari satu setrip saja, saya meyakini tidak akan terbang,” ucap Fadhilah.

Menurut di, ada kemungkinan jatuhnya pesawat itu disebabkan oleh faktor medan. Sebab, lanjut dia, medan penerbangan helikopter dari Bandara Juwata, Tarakan, menuju Long Bawan, Kecamatan Krayan, di Nunukan itu cukup ekstrem. Ini diperparah dengan kondisi cuaca yang kerap berubah.

“Mungkin juga cuaca dan kondisi hutan yang curam dan lebat sekali di sana,” tuturnya.

Kendati demikian, Sabrar belum bisa memastikan apa penyebab jatuhnya burung besi tersebut. Dia meminta awak media bersabar menunggu hasil laporan investigasi terkait jatuhnya helikopter itu.

“Saya belum berani mengatakan apa (penyebabnya). Tentu saja kita tunggu investigasi,” tuturnya.@LI_13

Baca Juga:  Lapangan tenis dan futsal Kejati Jatim diresmikan