Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Januari 2017, PLN bakal naikkan tarif listrik bagi pelanggan 900 VA di Jatim
Tarif listrik naik. Foto: Ilustrasi
HEADLINE JATIM RAYA

Januari 2017, PLN bakal naikkan tarif listrik bagi pelanggan 900 VA di Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur bakal mengurangi jumlah pelanggan listrik bersubsidi atau pelanggan 900 Volt Ampere (VA) di Jatim.

Dari total awal yang mendapatkan subsidi sebanyak 3,8 juta pelanggan, dalam waktu dekat akan dipangkas hanya tersisa 497 ribu pelanggan. Hal ini dilakukan karena adanya aturan penyesuaian tarif sesuai keputusan pemerintah.

Menurut Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Pinto Raharjo, jumlah itu sudah sesuai dan data diperoleh dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang selama ini melakukan pendataan di berbagai wilayah Jatim.

“Jadi sekitar 3,3 juta lebih pelanggan 900 VA akan menyesuaikan tarif listrik secara bertahap menuju tarif ke-ekonomisan. Mulai Januari 2017 mendatang mereka yang selama ini mendapat subsisi, maka tidak bisa lagi. Sebab kami harus sesuaikan dengan data tersebut, kalau tidak siapa yang nanggung,” katanya dikonfirmasi LICOM, Selasa (29/11/2016).

Dijelaskan, untuk pelanggan yang masih tetap mendapatkan subsidi, tarif listrik yang berlaku masih sebesar Rp 605 per Kilo Watt Hour (KWH), sedangkan sisanya 3,3 juta lebih akan menyesuaikan yakni sebesar Rp 1.352 per KWH.

“Ini tidak kami terapkan secara langsung, tapi bertahap. Dimuulai per Januari 2017 akan naik sebesar 32 persen dulu dari selisih antara tarif keekonomisan dengan tarif subsidi,” ungkapnya.

Jika sudah penyesuaian, maka PLN pada Maret 2017 akan kembali dinaikkan sebesar 32 persen, lalu pada Mei 2017 akan dinaikkan kembali sebesar 36 persen. “Sehingga pada Juni 2017, sebanyak 3,3 juta lebih pelanggan itu akan mengikuti tarif adjustment yang berlaku saat ini sebesar Rp 1.459 per KWH,” tegas Pinto.

Pihaknya menegaskan besaran tarif adjustment yang berlaku tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 028/2016 Tentang Tarif Lenaga Listrik.@sarifa

Baca Juga:  Jumlah peserta Kejurnas Selam Fin Swimming Piala Gubernur Jatim 2019 membludak