Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DKPP gelar refleksi dan proyeksi akhir tahun
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengelar Outlok 2017 atau Refleksi Akhir Tahun bertajuk Evaluasi dan Proyeksi di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2016). Foto: Tribune
HEADLINE DEMOKRASI

DKPP gelar refleksi dan proyeksi akhir tahun 

LENSAINDONESIA.COM: Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar refleksi dan proyeksi berupa Outlook DKPP 2017 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Pasalnya, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar akhir tahun dalam memotret kinerja kepemiluan dan proyeksi mendatang.

Sejumlah tokoh nasional pun diundang, dan juga dihadiri Menkopolhukam Jendral TNI (Purn) Wiranto.

Dari pihak  DKPP yang hadir adalah Prof. Jimly Asshiddiqie,   ketua, dan Nur Hidayat Sardini, Saut H Sirait, Ida Budhiati, Anna Erliyana, masing-masing sebagai anggota. Ada pun dari KPU yang hadir, Juri Ardiantoro, Arif Budiman, Ferry Rizkiansyah, masing-masing sebagai ketua dan anggota. Sementara itu dari Bawaslu RI Prof Dr Muhammad, SIP MSi, Endang Wihdatiningtyas, Nasrullah, dan Nelson Simanjuntak. Hadir pula Sekjen Bawaslu/DKPP RI Gunawan Suswantoro dan staf sekretariat di lingkungan Biro Administrasi DKPP.

Sementara, peserta yang hadir adalah Tim Pemeriksa Daerah dari unsur masyarakat, KPU, dan Bawaslu Provinsi di seluruh Indonesia, kepala dan staf sekretariat Bawaslu Provinsi di Indonesia, stake holder, BEM- se-Jabodetabek dan media massa.

Sekjen Bawaslu, Gunawan Suswantoro menyampaikan laporanya, bahwa, kegiatan ini di-design untuk menampilkan kinerja kelembagaan selama tahun 2016 dan proyeksi di tahun 2017. Kegiatan ini merupakan laporan kinerja tahunan kepada publik dan proyeksi yang akan terjadi di tahun mendatang.

“Proyeksi ini hasil analisa berdasarkan data yang masuk,” ucapnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat untuk kemandirian dan integritas bagi penyelenggara Pemilu.

Ia menambahkan, proyeksi tersebut disusun berdasarkan hasil analisa terhadap data dan informasi yang tersedia sepanjang tahun 2016, dan dilengkapi dengan beberapa informasi sekunder yang berhasil dikumpulkan sepanjang penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2015 yang telah lewat.

Baca Juga:  Datang di Istana Presiden jelang pengumuman kabinet, Mahfud MD: Saya dipanggil

Gunawan mengatakan, Outlook ini akan memaparkan kinerja DKPP sepanjang tahun 2016 berikut prakiraan gambaran kondisi penegakkan kode etik penyelenggara Pemilu di tahun 2017.

“Beberapa hal yang akan disampaikan antara lain adalah jumlah pengaduan dugaan pelanggaran kode etik, jumlah penyelenggara Pemilu yang diperiksa dan telah diputus oleh DKPP, serta kegiatan pendukung lainnya yang berkenaan dengan diseminasi informasi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, dan pemutakhiran infrastrukutur teknologi dan informasi,” pungkasnya.@yuanto