LENSAINDONESIA.COM: Made Irianto (33) warga Jl Banyu Urip Kidul Surabaya ini harus merasakan sakitnya dihajar massa oleh warga. Pasalnya, pria tersebut telah mencuri 4 buah minyak telon di Alfamart Jl Gunung Anyar Tengah, tepatnya di depan masjid Baiturrohim Surabaya, Minggu (18/12/2016) sekitar pukul 10.30 WIB.

Rini, salah seorang penjaga kasir Alfamart mengatakan, kejadiannya sekitar pukul 10.30 WIB, pelaku masuk berpura-pura membeli barang.

“Untung saat itu saya curiga dengan gerak gerik pelaku mas, lalu saya amati pelaku lewat monitor kamera CCTV toko. Sempat lama bersliweran tidak beli apa-apa, tiba-tiba tangannya mengambil empat buah minyak telon,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian

Rini menambahkan, saat pelaku kabur dan hendak ke sepeda motornya, dirinya berlari sambil berteriak maling-maling. “Beruntung, teriakan saya di dengar warga sekitar dan berbondong-bondong mengepung pelaku dan menghajarnya beramai-ramai,” katanya.

“Saat itu saya langsung telpon kepala toko saya dan mungkin oleh kepala toko saya diteruskan laporannya ke polisi,” imbuh Rini.

Kapolsek Rungkut Kompol Heri Dwi Sukiswanto mengatakan, mendapat laporan tersebut pihaknya langsung terjun ke lokasi kejadian dan langsung mengamankan pelaku dari amuk warga.

“Syukurlah nyawa pelaku dapat kami selamatkan, dan selanjutnya kami bawa ke Mapolsek untuk diperiksa lebih lanjut. Untuk kerugiannya ditaksir sekitar Rp150 ribu,” tandasnya.

Sementara itu dihadapan penyidik, Made mengaku, saat itu dirinya pulang dari rumah temannya di kawasan Gunung Anyar, lalu ke Alfamart berniat beli minum. Entah apa yang terbersit di benaknya, dirinya langsung mengambil empat buah minyak telon tersebut.

“Rencananya, minyak-minyak tersebut akan saya jual kembali pak, untuk tambahan biaya hidup,” akunya. @nanda