LENSAINDONESIA.COM: Real Madrid sukses menjadi jawara Piala Dunia Antarklub 2016 setelah dalam perpanjangan waktu mampu mengalahkan wakil Jepang, Kashima Antlers dengan skor 4-2 dalam partai final di Nissan Stadium di Yokahama, Minggu (18/12/2016) malam.

Kedua tim mengawali pertandingan dengan tempo sedang. Namun Real Madrid yang unggul kualitas pemain secara perlahan mulai mendominasi jalannya pertandingan. Menit-8, Benzema berhasil membuat timnya unggul memanfaatkan bola rebounds hasil tembakan Luca Modric yang tak ditepis dengan sempurna oleh kiper Kashima Antlers, Sogahata. Skor berubah 0-1.

Tertinggal satu gol, Kashima Antlers di luar dugaan merespon dengan permainan menyerang. Usaha keras mereka membuahkan hasil ketika pada menit-43, Doi sukses menembus pertahanan kanan Real Madrid lalu mengirim umpan crossing ke tengah kotak penalti. Di sana ada Gaku Shibasaki yang berdiri bebas dan melesakkan bola dengan kaki kiri untuk menyamakan skor 1-1.

Pada babak kedua, Kashima Antlers berbalik unggul pada menit-52 ketika Shibasaki berhasil memenangkan perebutan bola tak jauh dari depan kotak penalti Real Madrid. Setelah mengecoh tiga pemain lawan, striker asal Jepang melepas sepakan keras kaki kiri yang gagal dibendung kiper Keylor Navas sehingga skor berbalik 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Tak ingin malu, Real Madrid lantas all out menyerang. Menit-60 mereka berhasil menyamakan skor 2-2 setelah eksekusi penalti Ronaldo mampu menembus jala gawang Kashima Antlers.

Karena tak ada alagi yang tercipa pada waktu normal 2×45 menit, laga final Piala DUnia Antarklub 2016 ini dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Pada menit-97, real madrid akhirnya membuktikan keperkasaannya. Ronaldo yang berhasil lolos dari jebakan offside berhasil memanfaatkan umpan Benzema secara sempurna dengan sepakan kaki kirinya untuk menjadi gol. skor berubah 2-3.

Menit-104, Real Madrid semakin menjauh setelah Ronaldo yang mendapat umpan Tony Kross berhasil mencetak hattrick sekaligus mengubah papan skor menjadi 2-4.

Gol itu menjadi penutup pertandingan dan Real Madrid keluar sebagai pemenang Piala Dunia Antarklub 2016.

Line up:
Real Madrid (4-3-3): Navas; Carvajal, Sergio Ramos (Fernandez 108′), Varane, Marcelo; Kroos, Modric (Kovacic 105′), Casemiro; Vazquez (Isco 81′), Ronaldo (Morata 112′), Benzema.

Kashima Antlers (4-4-2): Sogahata; Nishi, Ueda, Shoji, Yamamoto; Endo (Ito 103′), Nagaki (Akasaki 114′), Ogasawara (Messias 68′), Shibasaki; Doi (Suzuki 88′), Kanazaki.