LENSAINDONESIA.COM: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan akan membahas status Persebaya Surabaya dalam Kongres Tahunan PSSI yang bakal digelar Januari 2017.

“Masalah Persebaya akan dibahas dalam kongres tahunan PSSI, Januari nanti,” terang Menpora Imam Nahrawi.

Menpora juga menegaskan akan berusaha agar posisi klub Persebaya bisa dikembalikan. Terlebih lagi, PSSI juga sudah menjanjikan dan menindaklanjuti harapan pendukung Persebaya agar status klub kesayangannya dikembalikan sebagaimana mestinya.

Imam Nahrawi menjelaskan, pada Kongres PSSI 10 November 2016 di Jakarta, pembahasan masalah Persebaya urung dilakukan, sehingga statusnya juga tertunda untuk diakui PSSI.

Namun, Ketua Umum PSSI 2016-2020, Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, sudah berjanji akan menuntaskan permasalahan Persebaya dalam Kongres PSSI di Bandung, 8 Januari 2017. “Kami sejak awal sudah meminta posisinya harus dikembalikan. PSSI saat itu juga sudah menjanjikan akan ditindaklanjuti,” pungkas Menpora Imam Nahrawi.

Perlu diketahui, Persebaya Surabaya bersama sejumlah klub tidak diakui PSSI. Diantaranya Lampung FC, Arema Indonesia, Persema Malang dan Persibo Bojonegoro.

Permasalahan Persebaya Surabaya dimulai pada 2011. Saat itu klub asal Surabaya ini tidak diakui pengurus PSSI era Nurdin Halid setelah mengikuti kompetisi Liga Primer Indonesia pada 2011. Liga Primer Indonesia itu sendiri merupakan kompetisi tandingan Liga Super Indonesia (LSI) yang dinilai punya banyak kelemahan. LI-15