LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo menilai pemerintah lemah dalam mengawasi spekulan-spekulan yang mempermainkan harga komoditas di pasaran. Menurutnya, harga cabai, telur dan bawang di pasaran meroket karena pengawasan yang tidak dijalani oleh pemerintah.

“Pemerintah masih belum dapat mengendalikan si penampung komoditi yang mempermainkan harga, spekulan belum dapat dikendalikan oleh pemerintah,” kata Bambang Haryo dalam siaran pers Sabtu (31/12/2016).

Politisi asal Partai Gerindra ini menjelaskan ada beberapa payung hukum yang dapat menjadi dasar pemerintah melakukan tindakan untuk menekan kenaikan sembako.

“UU No 7 tahun 2014 pasal 25 disebutkan pemerintah pusat dan daerah berkewajiban mengendalikan jumlah yang memadai mutu yang baik dan harga terjangkau dalam jumlah yang cukup. Tak hanya itu ada perpres No 71 tahun 2015 pasal 2(6)tentang 11 komoditas barang atau kebutuhan pokok. Seharusnya dengan adanya payung hukum tersebut pemerintah dapat mengendalikan harga,” tutupnya. @licom