LENSAINDONESIA.COM: Generasi keenam Toyota Kijang Innova New Venturer akhirnya diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor dengan konsep crossover untuk segmen midle multi performance vehicle (MPV). Model ini didapuk sebagai line up tertinggi Toyota Kijang yang sudah sangat dikenal oleh konsumen sejak 1977 atau selama 40 tahun terakhir di Indonesia.

“Produk ini persembahan dari Toyota untuk konsumen yang setia pada Kijang. Yang kita sasar pembeli loyalis kijang dan segmen medium up yang ingin memiliki Innova yang jauh lebih nyaman dan peformance mereka juga butuh tampilan yang lebih berotot,” kata Ima Nurbani Rahmah, MPV & Sedan Product Strategy Manager PT Toyota Astra Motor, di Ciputra World, Surabaya, Senin, (16/1/2017).

Keunggulanya adalah desain eksterior yang gagah, dipadukan dengan interior yang mewah dan kabin yang luas, fitur keamanan yang lengap serta peforma mesin yang handal. Total ada 15 perubahan baru bisa ditemui di New Venturer dibandingkan pada generasi Kijang Innova sebelumnya.

“Segmenya tetap keluarga, yang butuh kenyamanan serta peforma yang tinggi serta tangguh di segala medan, tapi juga butuh tampilan lebih lux, serta interior yang lebih mewah,” tambah Ima lagi.

Untuk pemasaran, MPV masih mendominasi market otomotif dengan persentase sekitar 40 sampai 60 persen dan favorit untuk keperluan keluarga. Untuk tipe yang ditawarkan New Venturer hadir dalam empat tipe yakni bermesin bensin 2.0L, dengan transmisi manual dan otomatis. Kemudian ada juga untuk bermesin diesel 2.4L, juga dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Untuk harga sendiri berada pada kisaran Rp 386 juta sampai Rp 445 juta.

“Kondisi tersebut pasti akan mendongkrak market share dan penetrasi produk Toyota secara keseluruhan di Jatim. Untuk itu, sepanjang tahun 2017 ini, Auto 2000 menargetkan dapat menjual 1.200 New Venturer yang dibanderol antara Rp 392 juta sampai Rp 450 juta ini per unitnya,” tambah Operation Manager Auto 2000 Jatim Hendra Purnawan.@wan