LENSAINDONESIA.COM: Indonesia Police Watch (IPW) meminta Polri membentuk tim investigasi terhadap kasus dugaan penyelundupan senjata di Sudang yang dilakukan oleh anggota pasukan perdamaian PBB dari Pasukan Garuda.

Demikian disampaikan Ketua Presidium IPW Neta S Pane di Jakarta, Selasa (24/1/2017). “Polri perlu membentuk tim investigasi sendiri untuk menuntaskan kasus dugaan atau tuduhan terhadap Pasukan Garuda di Sudan yang dituduh menyelundupkan puluhan senjata api oleh pemerintah Sudan,” ujarnya.

Menurutnya bila memang polisi Indonesia tak terlibat setidaknya tidak melakukan aksi penyelundupan senjata sebagaimana tudingan mereka, maka Polri mesti membela secara maksimal dengan kemudian menyiapkan tim penasihat hukum. Soalnya tuduhan tesebut amatlah merusak kredibilitas Indonesia di mata intenasional.

“Dan bisa menghancurkan citra positif Pasukan Garuda sebagai pasukan perdamaian PBB,” katanya.

Sebaliknya, bila memang polisi terlibat dalam kasus dugaan penyelundupan senjata, Polri mesti mengusut secara tuntas. Khususnya latar belakang penyelundupan puluhan senjata tersebut.

“Apakah akan dibawa masuk ke Indonesia dengan akses mereka sebagai anggota Pasukan Garuda atau ada cara lain. Jika dibawa masuk ke Indonesia, apa tujuannya? Apa mereka bagian dari sidikat perdagangan senjata illegal, apa untuk tujuan makar, atau bagian dari jaringan ISIS untuk menebar teror,” pungkasnya.‎@dg