LENSAINDONESIA.COM: Choirul Anam (31) warga Jl Panjang Jiwo, diringkus Unit Reskrim Polsek Rungkut karena telah telah menjual mobil Daihatshu Xenia abu-abu L 1959 Fl yang disewanya dari rental mobil milik Agung Hartanto (37) warga Jl Pandugo Timur, Surabaya.

Kasus penggelapan mobil rental itu terjadi pada Oktober 2016. Saat itu, pelaku yang sudah kenal dengan korban bertemu di Perumahan Gununganyar Mas Blok B Surabaya. Karena sudah sering menyewa mobil sebelumnya, korban tak keberatan saat itu Choirul kembali menyewa. “Tak hanya sekali pelaku ini menyewa mobil dari pelaku, sehingga korban percaya. Apalagi sebelumnya tak pernah bermasalah,” ujar Kapolsek Rungkut Kompol Dwi Heri Sukiswanto, Kamis (26/1/2017).

Pelaku dan korban pun membuat kesepakatan bahwa mobil tersebut disewa perbulannya Rp 4 juta. “Bermodal saling percaya, korban menyerahkan mobil sekaligus STNK kepada pelaku,” katanya.

Namun setelah mobil diserahkan kepada pelaku dan jangka waktu yang susah ditentukan lewat, ternyata pelaku tak kunjung mengembalikan mobil rental yang disewanya. “Korban yang berulang kali menelpon akhirnya panik karena handphone pelaku tak aktif. Takut mobilnya diselewengkan, akhirnya kasus ini dilaporkan ke Polsek Rungkut,” tambah Kompol Dwi Heri.

Berbekal laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Rungkut langsung bergerak dan melakukan pelacakan dan berhasil menemukan pelaku sedang berada di sebuah warung kopi di Jl Panjang Jiwo. Choirul Anam akhirnya diciduk dan dibawa ke Mapolsek untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Setelah diperiksa, ternyata mobil korban sudah dijual kepada salah seorang teman pelaku. “Nah pelaku ini sudah sempat menjual mobil rental itu seharga Rp 85 juta ke temannya sendiri. Untung saja kami bisa melacak mobil dan menyitanya sebagai barang bukti,” tutup Kompol Dwi Heri. @nanda