Trending News

18 Aug 2019
Rayakan Imlek, Metta School kenalkan budaya China pada siswanya
Siswa-siswi Metta School belajar menulis kaligrafi China di Oval Atrium Hall Ciputra World Surabaya. (LICOM/Nani Mashita)
EDUKASI

Rayakan Imlek, Metta School kenalkan budaya China pada siswanya 

LENSAINDONESIA.COM: Ratusan siswa-siswi Metta School riang gembira merayakan Tahun Baru China di Oval Atrium Hall Ciputra World Surabaya, Jumat (27/1/2017). Tak cuma merayakan, mereka pun diajak untuk mempelajari sejarah Imlek termasuk belajar menulis karakter China.

Tidak hanya pementasan drama dan seni tari, para siswa juga mengikuti tiga workshop yaitu seni menulis karakter Cina (Shu fa), seni tali menali (Chinese Knot) dan Paper Cutting.

Dari tiga pelatihan itu, yang menarik minat adalah seni menulis karakter Cina. Metta School sengaja mendatangkan guru khusus, di antaranya Tjan Hauw Tjoeng, untuk mengajarkan huruf yang dikenal dengan Shu fa. Tidak hanya itu, para siswa juga diajari bagimana untuk menulis Shu fa menggunakan kuas khusus.

“Kita kenalkan anak-anak ini budaya China, yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Ini jadi menarik karena terutama untuk siswa TK belum dikenalkan di sekolah,” kata Kepala Sekolah TK Metta School, Silvia Irene.

Public Relations Metta School, Dina Nata Melia mengatakan perayaan Imlek tahun ini memang berbeda dengan sebelumnya, yang biasanya hanya digelar di sekolah. Tidak hanya itu, dalam performing para siswa mulai dari TK hingga SMP, menggabungkan tiga unsur yaitu seni, kerajinan tangan, dan kultur dalam “Metta School Oriental Performing Arts, Craft and Culture”.

“Siswa-siswi diajak untuk kenal lebih dekat, bukan sekedar merayakan tahun baru Imlek. Namun juga mengerti mengapa ada sejarah, tentang Barongsai, petasan, mengapa harus memakai baju warna merah, dan belajar mengenai seni dan budaya China. Kan kalau tidak kenal maka tak sayang,” pungkasnya. @sita

Baca Juga:  Polisi gerebek kos pelaku serangan Polsek Wonokromo

Related posts