LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo menanggapi kabar terkait majunya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di putaran Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang.

Pakde Karwo (sapaan akrab Soekarwo) menyebut AHY yang merupakan anak pertama Ketum Demokrat SBY tidak akan maju di Pilgub Jatim.

Alasannya sekarang ini karena AHY masih konsentrasi untuk memenangkan pilgub DKI Jakarta 15 Februari 2017. “Benar. Maksud saya (AHY) benar nggak akan maju ke Pilgub Jatim 2018,” ujar Pakde Karwo kepada wartawan di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa (31/1/2017).

Pakde Karwo yang juga Gubernur Jatim ini melanjutkanDPD Demokrat Jatim baru akan menyetor tiga nama untuk bakal calon gubernur Jatim ke DPP PD pada akhir Februari mendatang, setelah pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta usai.

“Akhir Februari akan setor tiga nama ke DPP. Tunggu saja nanti,” cetus Soekarwo tanpa menyebutkan ketiga nama calon itu.

Diminta penjelasan lebih lanjut, ia menolak membocorkan ketiga nama itu apakah kader internal partai atau ada dari eksternal. Pakde juga tidak mau memastikan ketiga nama itu untuk bacagub saja atau juga ada nama bacawagub. “Tunggu saja akhir Februari. Jangan mancing-mancing terus,” katanya setengah bercanda.

Informasi yang beredar santer di kalangan media Demokrat Jatim telah menyiapkan tiga nama untuk dicalonkan di Pilgub nanti. Ketiga nama itu adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Mensos RI Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar (Pak Halim).

Ketika nama Bude Karwo ditanyakan kepada Pakde, orang nomor satu di Jatim ini langsung buru-buru membantahnya. “Kalau Bude Karwo ikut maju, lalu siapa nanti yang ngurusi saya (sebagai suami)?” pungkasnya sambil tertawa.@sarifa