Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Pemprov beri penghargaan 578 perusahaan di Jatim
Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Kadisnakertrans Jatim Sukardo saat memberikan selamat kepada para perusahaan di Jatim yang mendapat penghargaan bidang ketenagakerjaan. Foto: Sarifa-lensaindonesia
Birokrasi

Pemprov beri penghargaan 578 perusahaan di Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Pemprov Jawa Timur lewat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk pertama kalinya memberikan penghargaan di bidang ketenagakerjaan bagi ratusan perusahaan di Jatim. Penghargaan yang diberikan meliputi sejumlah hal, mulai dari award zero accident, award bipartit dan award pemagangan.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengapresiasi perusahaan yang telah menerapkan sejumlah hal yang positif bagi para pekerjanya, mulai dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) hingga zero accident.

Menurutnya dengan memberlakukan K3 ini membuktikan bahwa suatu perusahaan memiliki faktor penting dalam menjaga produktivitas karyawan. Bila perusahaan menerapkan K3 dengan baik, maka produktivitas karyawan juga akan meningkat. Ini berarti, perusahaan tersebut akan mencapai target dan meraih kesuksesan.

“Acara penganugerahan ini sangat penting, untuk mengapresiasi perusahaan yang sudah menerapkan manajemen K3 maupun hal lainnya dengan baik. Dari total 38.368 perusahaan di Jatim, belum semuanya menerapkan prosedur ini dengan baik. Untuk itu saya mengajak pimpinan perusahaan untuk lebih memperhatikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan karyawan,” kata Gus Ipul (sapaan akrab Wagub) dalam acara Penganugerahan Gelar Ketenagakerjaan 2017 di JX International Surabaya, Selasa (21/2/2017).

Sementara, Kepala Disnakertrans Jatim Sukardo mengatakan penganugerahan ini sebagai bentuk motivasi bagi pemangku kepentingan seperti kepala daerah dan stakeholder (industri, perusahaan) untuk membangun hubungan industrial yang lebih baik di masa depan.

“Penganugerahan ini menunjukkan komitmen Pemprov Jatim dalam menciptakan suasana kondusif di dunia industri,” urainya.

Tak hanya itu, salah satu upaya dari Pemprov Jatim untuk mengurangi kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Untuk itu, Disnakertrans Jatim terus melakukan upaya peningkatan K3, pelatihan, pemagangan dalam dan luar negeri, penciptaan lapangan kerja, serta penciptaan hubungan harmonis antara perusahaan dan karyawannya.

Baca Juga:  Pasangan suami istri dan seorang balita jadi korban kekerasan Bonek di Surabaya

Dalam penganugerahan ini ada sebanyak 578 perusahaan yang menerima penghargaan, di antaranya sebanyak 312 perusahaan yang mendapat penghargaan kategori zero accident, serta 97 perusahaan dengan kategori Sistem Manajemen K3.

Pada kesempatan ini, Wagub Jatim secara simbolis memberikan 51 penghargaan. Terdiri dari 9 penghargaan bagi bupati Kategori Kabupaten Pembina K3 atau zero accident. Kemudian dua penghargaan Kategori Kabupaten/Kota Pembina LKS Bipartit Perusahaan Besar Tahun 2017, dua penghargaan Kategori Kabupaten Pembina LKS Bipartit Padat Karya Tahun 2017. Lainnya yaitu tiga penghargaan bagi Kategori Kabupaten Pembina Transmigrasi Tahun 2017.

Selain itu, secara simbolis diberikan pula penghargaan bagi perusahaan Kategori Zero Accident, perusahaan Kategori Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan, 27 perusahaan Kategori P2-HIV AIDS di tempat kerja, 38 perusahaan Kategori LATPRO Implementasi 5S/5R, 30 perusahaan Kategori Pemagangan, serta 10 perusahaan Kategori CSR.

Juga penghargaan bagi perusahaan Kategori Penta dan PKK, perusahaan peduli disabilitas, Kategori Manajerial PPTKIIS Pusat, Kategori Manajerial PPTKIIS Cabang, Tenaga Kerja Sarjana Andalan, Tenaga Kerja Mandiri, dan penghargaan Kategori Hubungan Industrial dan Jamsos (Perusahaan Besar dan Perusahaan Padat Karya).

Diketahui, selain acara penganugerahan, acara ini juga diramaikan dengan Job Market Fair yang diikuti sekitar 60 perusahaan dan bisa diikuti pencari kerja secara gratis. Sekitar 5.000-6.000 pencari kerja memadati job fair ini.@sarifa