LENSAINDONESIA.COM: Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Timur akan menggelar Liga Nusantara (Linus) tingkat regional yang rencananya dilaksanaka pada pertengahan April 2017.

Sekretaris AFP Jawa Timur Marthin Setiabudi mengatakan sudah menyiapkan beberapa program diantaranya pada bidang kompetisi yaitu menggelar Linus. Namun pihaknya belum menentukan tuanrumah kompetisi tersebut.

“AFP siap menggelar Liga Nusantara guna meningkatkan kualitas pemain. Tujuan lainya untuk membentuk klub yang nantinya dipersiapkan bisa berlaga di Liga Professional. Untuk itu pada tahun menerapkan system baru dengan mengacu pada sistem Liga Pro Nasional , dan pemain diharuskan yang berlaga di tingkat amatir,” kata Marthin di Kantor AFP Jatim, Kamis (02/03/2017) siang.

Selain itu, pihaknya menuturkan tahun ini berbagai program telah direncanakan oleh AFP Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pemain agar mampu memberikan prestasi terbaik untuk Jawa Timur.

“Program- program tersebut dimulai dari peningkatan pengetahuan pelatih, meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) wasit dan meningkatkan mutu kompetisi di tingkat regional,” ujarnya.

Saat ini AFP beranggotakan 25 klub dari yang siap untuk berlaga di Liga Nusantara. Karena itu, AFP Jatim berharap ada kenaikan jumlah peserta.

“Banyak potensi klub yang sudah layak mengikuti Linus dan Liga Pro. Beberapa diantaranya klub yang berada di Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi bahkan di Magetan ada juga potensi klub, tinggal kemauan daerahnya,” imbuhnya.@Fredy