LENSAINDONESIA.COM: Biasanya, para perempuan membeli produk kulit yang harganya cukup mahal. Tapi siapa sangka, ada bahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan gratis.

Produk yang dimaksud adalah sisa wir yang digunakan untuk mencuci beras. Siapa sangka, air tersebut punya kandungan yang bermafaat bagi kecantikan kulit agar terlihat bening dan cerah.

Mengutip doktersehat., kandungan yang ada dalam beras disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Selain itu, masih banyak kandungan yang lainnya yang juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit bisa dilakukan dengan dua cara.

1. Mencampur air dengan beras
Beras yang dicampurkan dengan air adalah sebesar 1/4 kg, kemudian aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga didapatkan air cucian saja. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali.

Air yang disaring tersebut kemudian dimasukkan dalam wadah. Jika disimpan di kulkas, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.

Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik.

Selain sebagai toner wajah, air beras juga bermanfaat untuk merapatkan pori-pori wajah dan masalah jerawat.

Tidak hanya itu, juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Caranya, tuangkan air beras dalam mangkuk dan rendam kertas masker di dalamnya selama kurang lebih 10 menit.

2. Masukkan beras ke dalam kain katun atau wadah yang tak mudah robek
Beras yang dimasukan itu lalu ditumbuk pelan hingga hancur. Beras dalam kain yang sudah hancur tadi masukkan ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah.

Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

3. Digunakan untuk masker rambut
Tuangkan air beras pada kulit kepala dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan shampoo ringan plus kondisioner. Maka dalam sekejap Anda akan memiliki rambut indah berkilau tanpa harus dengan perawatan mahal.@licom