LENSAINDONESIA.COM: Pemuda Pancasila (PP) Jawa Timur segera menggelar musyawarah wilayah (Muswil) VII dengan agenda utama memilih Ketua MPW PP Jatim periode 2017-2022. Sekretaris MPW PP Jatim Diah Agus Muslim mengatakan Muswil dijadualkan akan berlangsung pada 21 Maret 2017 di Surabaya.

“Ada dua tempat yang akan kami gunakan untuk Muswil, yaitu Gedung JX International dan Hotel The Alana Surabaya. Di Muswil agendanya memilih ketua baru dengan dua calon yang sudah siap yaitu Bagus Haryo Suseno dan Yahya Idris,” ujarnya, Senin (6/3/2017).

Menurut dia, terkait nama calon untuk maju di Muswil juga masih mungkin akan bertambah. Namun untuk saat ini baru dua calon tersebut yang menyatakan diri sudah siap maju menggantikan Ketua Umum MPW PP Jatim saat ini yakni La Nyalla Mattaliti .

Ditegaskan, Muswil kali ini akan mengambil tema Pemuda Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu NKRI. Selain memilih ketua untuk periode lima tahun ke depan, peserta Muswil juga akan dilibatkan menyusun program kerja PP.

Sementara, salah satu kandidat calon ketua Bagus Haryo Suseno menyatakan kesanggupannya untuk memperbesar jumlah anggota PP disetiap kabupaten/kota di Jatim nantinya. Kader-kader baru nanti harus siap membela negara dan menjadi garda terdepan mempertahankan Pancasila dari ancaman komunis.

“Pemuda Pancasila didirikan untuk menjaga NKRI dari rongrongan komunis. Maka kami akan memperbesar lagi jumlah kader di setiap kabupaten/kota minimal seribu anggota aktif yang siap untuk membela negara,” ungkap Bagus.

Calon lainnya, Idris Yahya juga menjanjikan hal lain. Mulai dari mengaktifkan koperasi dan menambah jumlah kader yang ada di daerah. Kader PP harus mampu menjaga NKRI dan meluangkan tenaga dan pikiran mereka guna membesarkan roda organisasi.

“Dasar Pancasila itu adalah negara yang dimiliki rakyat. Karena kekuasaan di tangan rakyat. Untuk itu, kami akan membina kader agar bisa loyal dalam menjaga NKRI. Minimal aka nada seribu kader aktif dan bisa lebih,” papar Idris.

Ditambahkan, Ketua Bidang Politik Pemerintahan dan Korwil Jatim MPN PP Pusat Togar Manahan Nero mengaku senang melihat persiapan panitia di Jatim jelang Muswil. Pihaknya menegaskan siapapun ketua yang terpilih nantinya, tujuan organisasinya hanya satu yaitu kembali menganut Dekrit Presiden 5 Juli 1959.

“Ini persiapan waktunya (Muswil) tinggal dua minggu lagi. Kami dari pengurus pusat meninjau dan melakukan konsolidasi di seluruh wilayah, apalagi kan di daerah lain juga berlangsung Muswil. Upaya ini kami lakukan sapaya tetap untuk mempertahankan cita-cita Pemuda Pancasila, yaitu kembali dan mempertahankan Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Tentu juga kembali ke UU 45, Pancasila dan NKRI,” tukasnya.@sarifa