LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang seluruh partai politik yang telah berbadan hukum di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol 29, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (07/03/2017).

Kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sosialisai ini dimaksudkan agar memudahkan kesiapan 73 parpol yang telah berbadan hukum yang telah tercatat di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Sebetulnya ada 73 parpol yang berbadan hukum, terdaftar di kumham dan berhak mendaftar sebagai peserta pemilu 2019. Dan itu sudah kami undang semuanya. Namun yang bisa kami temui itu hanya 38. Dan kami punya kesulitan, sebanyak 35 parpol tidak berhasil kami temui dengan berbagai macam kondisi, misalnya alamat kantor yang pindah dan kantor tidak ada orang,” ujar Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU RI, Jakarta.

Hadar menyampaikan, bahwa sosialisasi ini penting untuk partai politik dalam memahami proses pendataan oleh KPU jelang pemilu 2019 mendatang.

“Untuk memahami prosedur verifikasi dan apa-apa yang perlu disiapkan parpol,” jelasnya.

Hadar mengungkap, bahwa tujuan diundangnya para partai politik dalam acara yang digelar ini, salah satunya juga untuk memberi masukan kepada KPU mengenai sistem informasi partai politik ini.

Selain itu, lanjut Hadar, parpol yang belum sempat datang (35 parpol yang sulit dihubung red) agar menghubungi pihaknya untuk memudahkan pendataan dan pendaftaran peserta pemilu 2019 mendatang.

“Kami mohon bantuan kepada parpol lainnya, yang berhasil kami hubungi tapi sekarang gak hadir itu ya mohon segera hubungi kami agar tidak tertinggal ketinggalan prosesnya,” pungkas Hadar.@yuanto