LENSAINDONESIA.COM: Partai NasDem resmi mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018-2023. Saat deklarasi, Ridwan Kamil diarak dengan naik sisingaan ke acara pendeklarasian dirinya di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3/2017).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu datang ke area deklarasi mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru. Saat naik sisingaan, terlihat Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa.

Saat memberi sambutan, Kang Emil tampak terharu saat menceritakan silsilah atau sejarah tentang keluarga besarnya di atas panggung utama.

“Saya datang dari keluarga pejuang. Kakek saya almarhum Panglima Hizbullah di Jawa barat. Uwa (Paman/Bibi) saya gugur membela Indonesia. Membawa santri melawan Belanda,” kata Emil dengan intonasi berat.

Bahkan, ia sempat terhenti sejenak saat memberikan sambutan ketika menceritakan sejarah keluarganya tersebut. Dia menegaskan sebagai sosok Sunda asli.

Ia juga menceritakan tentang arti nama Muhammad Ridwan Kamil, yang merupakan bentuk doa orang tua padanya. “Muhammad supaya terinspirasi Nabi Muhammad. Ridwan artinya diridhoi atau malaikat surga dan Kamil artinya insan yang sempurna,” kata dia pada ribuan orang yang hadir.

Ia berharap arti namanya tersebut bisa menjadi penjaga atau komitmen perjuangan hidupnya untuk senantiasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Emil juga menyampaikan rasa syukur karena hari ini dirinya mendapatkan kepercayaan dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

“Sebuah kepercayaan dari warga Jawa Barat yang diwakili partai NasDem untuk mencalonkan saya pribadi untuk mengikuti perhelatan Pilgub Jabar 2018-2023, yang Insha Allah dengan niat baik dengan ikhtiar dan proses yang baik akan dimenangkan dengan cara yang baik,” kata dia.@ant/bst/licom